WakilBupati Kortanius Sabeleake : Matangkan Rencana Pengembangan Ekowisata di Siberut - CANANG NEWS

Breaking

Kamis, 19 September 2019

WakilBupati Kortanius Sabeleake : Matangkan Rencana Pengembangan Ekowisata di Siberut





Mentawai Canangnews-----Diskusi  Rencana Pengembangan Ekowisata Penyangga Taman Nasional  Siberut  dilaksanakan di Aula gedung Bappeda km 04 Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara Mentawai .

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Mentawai, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta Undangan dari Kota padang .

Wakil Bupati Kortanius Sabeleake mengatakan  untuk perencanaan pengembangan Ekowisata di Mentawai khususnya di daerah Siberut kita adakan bentuk kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata di Unifersitas Trisakti Jakarta  dengan tujuan supaya Ekowisata berjalan dengan lancar .

Tentunya tidak lepas dari holistiknya selalu berkaitan seperti budaya ,alam serta prasarana lainnya sehingga seluruh masyarakat dapat terlibat didalamnya katanya Kepada wartawan saat dimintai keterangan usai diskusi di gedung Bappeda Kamis ( 19/9).

untuk mensukseskan program  tersebut tentu dituntut kerja kerasnya pariwisata mentawai untuk menata  serta membantu masyarakat dalam menambah ekonominya  sebagai salah satu contoh ialah homstay milik masyarakat lokal itu sendiri sudah sangat membantu tuturnya .

Alam siberut juga banyak  menyediakan hal yang menarik seperti jenis flora dan Fauna  langkah karena hanya ada didaerah tersebut.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pemudah Dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai  Mateus Samalinggai juga mengatakan siberut dikenal dengan banyak budaya bukan hanya itu saja bahasa juga dari tempat ketempat sudah beda untuk itu  perlu adanya pemahaman juga penyeimbangan bila pembangunan Ekowisata terlaksana di Siberut .

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Kortanius menegaskan bahwa bila lokasi Wisata sudah berjalan ditempat tersebut maka pemerintah akan membatasi keberadaan kapal di lokasi tersebut dan hanya bisa berlabuh di dermaga Tuapeijat sehingga masyarakat dapat pemasukan dengan menyewa kendaraan motor ,juga sewah rumah untuk menginap para wisatawan sehingga masyarakat dapat pemasukan .

Bicara mengenai gaet atau jurubicara wisatawan pemerintah juga meminta kepada Dinas Pariwisata Pemudah dan Olahraga untuk mempersiapkan seorang gaet yang propesional dan mengikuti adat budaya mentawai dari daerah sendiri .
Ia berharap diskusi serta masukan yang diberikan pada kegiatan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat Mentawai terkhusus di daerah Siberut .( johan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar