Sry Eka Handayani Ingin Bentuk Kampung Literasi

0

Gaduik,Canangnews---mengelola  rumah baca tidaklah mudah untuk mencapai hasil maksimal. Membutuhkan perencanaan yang matang dan diiringi pelaksanaan berkelanjutan.
Salah satunya  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) di Jorong Aro Kandikir, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. TBM ini memiliki strategi khusus dalam mengelola rumah baca dengan program-program yang menunjang budaya literasi.
Sry Eka Handayani pendiri rumah baca, mengatakan, strategi pengelolaan RBAN memiliki tiga bagian yang meliputi pengelolaan fisik TBM berupa sarana prasarana, pendanaan dan sumber bacaan, serta pengelolaan program.
Strategi yang dilakukannya adalah mengkondisikan suasana lingkungan fisik yang nyaman dan ramah terhadap budaya literasi. Menyediakan pendanaan dan sumber bacaan sesuai dengan usia pengunjung rumah baca. Melaksanakan program-program literasi yang inovatif, kreatif dan berkesinambuangan.
“Dalam mengelola rumah baca kita menerapkan 10 program inovatif, kreatif dan berkesinambungan seperti, penampilan minat bakat sastra dan bimbel gratis Senin sampai Sabtu,” ujarnya.
Kemudian go send buku atau mengantarkan dan meminjamkan buku kepada masyarakat, babe aktif atau mengolah barang bekas menjadi produk bermanfaat. Kemudian gerakan sosial masyarakat, titian ke syurga, mendatangkan tim ahli, movie edukasi, olahraga dan permainan tradisional, jumpa berlian atau Jum’at petang bersihkan lingkungan.
Dengan 10 program inovatifnya itu, RBAN yang baru berdiri dua tahun sudah memberikan dampak besar kepada masyarakat. Bahkan RBAN saat ini menjadi wadah bagi anak Nagari Gadut untuk menggali potensi diri sejak kecil.
“RBAN salah satu ruang baca di Agam berupaya terus bergerak dengan ide-ide yang inovatif, kreatif dan berkesinambungan,” sebutnya.
Ke depan RBAN berencana akan membentuk kampung literasi dengan merangkul pemerintah dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama dalam penguatan karakter dalam membangun budaya literasi dan masyarakat pembelajar. (rel/bj)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top