Parik Paga Nagari Sungai Tanang Dapat Pelatihan Kebencanaan


Banuhampu,Canangnews---- Wali Nagari Sungai Tanang,Banuhampu,  Agam, Ferry Nata membuka pelatihan peningkatan kapasitas tentang kebencanaan bagi Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan parik paga nagari, di Balerong Sungai Tanang, Senin (9/9).
Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam. Paningkatan kapasitas digelar satu hari, yang diikuti 42 anggota KSB dan 24 Parik Paga Nagari.
Wali Nagari Sungai Tanang, Ferry Nata mengatakan, KSB dan parik paga saat ini sangat dibutuhkan di nagari, terutama di Sungai Tanang yang merupakan salah satu wilayah berpotensi bencana di Kabupaten Agam.
“Meski sudah ada KSB dan Parik Paga Nagari Sungai Tanang, tentu anggotanya harus memiliki keterampilan supaya dapat meminimalisir timbulnya korban saat terjadi bencana,” ujarnya.
Untuk itu, KSB dan parik paga nagari diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat terjadi bencana, karena Sungai Tanang termasuk wilayah rentan bencana. Sehingga KSB dan pari paga sebagai peserta pelatihan diminta mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Kepala Pelaksana BPBD Agam, diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi menyebutkan, nagari sangat perlu memiliki KSB yang akan membantu gerak cepat dari BPBD dalam menanggulangi bencana. Sehingga dalam pelatihan ini peserta harus dibekali dengan keterampilan teknis kesiapsiagaan.
Yunaidi menjelaskan bahwa kesiapsiagaan diri sendiri lebih besar dari bantuan orang lain dengan persentase 34,9 persen, bantuan tetangga hanya 28.1 persen, bantuan orang lewat 2,6 persen.“Kesiapan diri lebih besar dan perlu mendapat pengetahuan, keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana,” terangnya. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.