Jorong Kubu Anau Siap Jadi Tuan Rumah MTQ ke-IV Nagari


Manggopoh,Canangnews----Warga masyarakat Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, antusias menyambut pelaksanaan MTQ Nasional tingkat nagari tahun 2019.
Masyarakat setempat melakukan gotong royong yang dipimpin langsung oleh Wali Jorong Kubu Anau, Ali Mardian, Sabtu (14/9). Warga memulai pekerjaan pembuatan panggung hingga membersihkan rumput yang ada di sepanjang jalan.
Wali Jorong Kubu Anau, Ali Mardian didampingi Kepala Dusun 1 Abdul Razak, mengatakan, kegiatan gotong royong ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat bersama-sama membersihkan dan membangun pentas untuk penyelenggaraan MTQ ke-IV tingkat Nagari Manggopoh yang akan digelar pada 16 sampai 18 September 2019 di Masjid Nurul Huda.
“Melihat tingginya partisipasi masyarakat baik dikampung maupun di rantau, sebagai tuan rumah kita siap untuk mensukseskan kegiatan MTQ ini,” ujar Ali Mardian.Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Pengurus Masjid Jami’ Nurul Huda, Irwandi.“Ini sebuah penghargaan bagi kami terutama jemaah Masjid Nurul Huda. Karena diamanahkan sebagai pusat pelaksanaan MTQ,” ujarnya.
Ia mengatakan, dalam aksi gotong royong ini juga diikuti oleh seluruh jemaah masjid dan ibu-ibu majelis taklim dan bundo kanduang.“Bentuk partisipasi lainnya memanfaatkan grup Whattapps perantau kita juga sudah mengumpulkan dana untuk membantu penyelenggaraan MTQ,” ulasnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQ Nasional tingkat Nagari Manggopoh, Hidayatullah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap antusias masyarakat yang bahu-membahu dalam mempersiapkan pelaksanaan MTQ nantinya.“Kita berharap pelaksanaan MTQ tahun ini sukses, dan kami yakin Jorong Kubu Anau bisa melaksanakannya secara maksimal,” harapnya.
Hidayatullah, mengatakan MTQ merupakan ajang pembinaan bagi yang selama ini mengaji di TPA, rumah tahfidz, TPSA surau di jorong masing-masing. Dengan MTQ dijadikan sebagai ajang evaluasi bagi peserta didik di lembaga-lembaga pendidikan Al-qur’an.“Alhamdulillah jumlah cabang kita tiap tahun naik. Tahun 2018 hanya 6 cabang. Saat ini menjadi 7 cabang dan 14 kategori ditambah satu cabang Yasin dengan jumlah peserta 210 orang,” ujarnya. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.