Subscribe Us

header ads

Wabup Agam Sambut Tim Penilai LSS Nasional


Agam,Canangnews------Wakil Bupati Agam Trinda farhan sambut tim  pusat  penilaian administrasi terhadap Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kabupaten Agam dalam rangka Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional.
Tim penilai lomba berasal dari empat kementerian, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama.
“Lomba Sekolah Sehat ini bukan hanya memberikan penilaian terhadap sekolah saja, tetapi juga kondisi Tim Pembina (TP) UKS di tingkat kabupaten dan kecamatan. Pasalnya, 30 persen dari total penilaian LSS disumbangkan dari TP-UKS tingkat kabupaten dan kecamatan,” kata Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS), Sulip disela kunjungan lapangannya ke TP-UKS kabupaten, Selasa (6/8) siang, di Lubuk Basung.
Menurutnya, semakin baik nilai yang dihasilkan TP-UKS, maka bisa mendongkrak perhitungan skor di sekolah yang mengikuti LSS.
Pada tahun ini, SMAN 1 Ampek Angkek dipercaya mewakili Provinsi Sumbar ke nasional pada Lomba Sekolah Sehat tingkat SLTA. Penilaiannya dijadwalkan besok, Rabu (7/8) pagi, penilaian juga dilanjutkan ke SMAN 1 Ampek Angkek beserta TP-UKS kecamatannya, guna sinkronisasi data yang berikan dengan fakta di lapangan.
Lebih lanjut, Ia mejelaskan diantara komponen penilaian TP-UKS dilihat dari penyajian data kesehatan. Selain data yang akurat, data disajikan dengan grafis yang menarik sehingga bisa dimengerti oleh berbagai pihak.
“Semakin bagus penyajian datanya, maka akan memberikan poin yang tinggi juga terhadap penilaian peserta LSS itu,” ulasnya.
Sementara itu, untuk kriteria penilaian di sekolah didasarkan atas TRIAS UKS. Hal itu meliputi pemeliharaan lingkungan, fasilitas UKS yang lengkap dan mendukung, adanya kantin sehat, adanya taman yang teduh. Sekolah menurutnya harus memiliki aspek kenyamanan, kerindangan dan keasrian.
“Hal ini tentu saja juga dalam rangka membudayakan bersih dan sehat di mulai dari sekolah nantinya sampai ke rumah tangga,” ujarya menjelaskan.
Hadir mendampingi kegiatan itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria selaku Ketua TP UKS Kabupaten Agam, Kadis Kesehatan dr. Indra, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Isra, Kadis Lingkungan Hidup, Hamdi, perwakilan dari Kakankemenag Agam dan Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri beserta Ketua GOW Agam, Ny. Candra Trinda Farhan.
“Kita menyambut positif kehadiran rombongan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. Dengan harapan, SMAN 1 Ampek Angkek bisa mengharumkan Kabupaten Agam di tingkat nasional,” harap Wakil Bupati Trinda Farhan Satria.
Ditambahkannya, TP-UKS Kabupaten Agam memberikan pembinaan kesehatan yang cukup intensif ke berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Agam. Menurutnya, kegiatan pembinaan dilakukan bukan disaat berlangsungnya perlombaan melainkan sudah menjadi kegiatan rutinitas bagi seluruh stakeholder terkait dalam rangka sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada pelajar.
“Tujuan pembinaan yang kita lakukan bukan semata mencapai hasilnya tapi progresnya. Sejauhmana proses yang mereka (sekolah) lakukan. Jadi apa yang kita lihat saat ini bukan semata karena lomba sekolah sehat saja,” terang wabup.
Selain itu, menurut wabup, hal lain yang menjadi keunggulan TP-UKS Kabupaten Agam dalam nenerapkan TRIAS UKS adalah adanya dukungan dari unsur Forkopimda Plus seperti MUI, ninik mamak beserta alim ulamanya dan Bundo Kanduang.
“Sehingga nilai-nilai Adat Basandi Sara’, Sara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di sekolah selaras dengan visi misi Kabupaten Agam yang sedang gencar di gerakkan Pemerintah Daerah yaitu, Gerakan Nagari Madani,” jelas wabup. (rel/bjr)

Posting Komentar

0 Komentar