Pengalaman Rohani Perjalanan Haji (6 Tamat) Wuquf : Berkumpulnya Umat Islam Sedunia

1

Catatan Dr H Helmi MAg *)


WUKUF merupakan puncak ibadah haji. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda yang artinya haji itu Arafah (Wukuf). Secara bahasa wukuf artinya berhenti, diam tanpa bergerak. Wukuf adalah berkumpulnya seluruh jamaah haji di Padang Arafah tanggal 9 Zulhijjah sebagai puncak pelaksanaan rukun Islam kelima. Tidak sah haji seseorang kalau tidak wukuf di Arafah.  Setiap jamaah haji harus mengikuti wukuf.

Wukuf mempunyai arti yang sangat penting. Pada hari Arafah dari berbagai penjuru dunia umat Islam berkumpul di suatu tempat untuk melaksanakan rukun haji yang menentukan sah atau  tidaknya ibadah haji.


Setelah Wukuf dilakukan, jamaah haji merasakan bebas dari beban dosa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yakin doanya dikabulkan, dorongan untuk melakukan amal ibadah lebih banyak terasa sangat kuat, dan rahmat Allah pun dirasakan menentramkan  jiwa.

Dalam pelaksanan prosesi Wukuf tahun ini, jamaah haji merasakan begitu dekat dengan Allah Yang Mahaagung. Ketika mereka meminta cuaca yang begitu panas di Arafah, Allah Yang Maha Pemurah memberikan kesejukan.


Beberapa saat setelah kami berdoa, hujan pun turun ke bumi. Semua jamaah sujud syukur. Masyarakat Arab turun ke jalan-jalan memanjatkan rasa syukur sembari berucap Alhamdulilah, sambil menengadahkan kedua tangan mereka ke angkasa. Maklum, karena di Arab jarang turun hujan.

Menurut data Tim Kesehatan Haji Indonesia, setelah hujan turun di Arafah itu angka kunjungan pasien berobat turun sangat signifikan.

Imam Besar Masjidil Haram, Syekh Abdurahman Sudaisy ,dalam khutbahnya antara lain mengatakan, umat Islam seluruh dunia mesti terus menjalin silaturrahim. Dengan bersilaturrahim, Allah Yang Mahakaya akan mendatangkan keberkahan dan rahmatNya.


"Musim haji merupakan wadah terbaik untuk bersilaturrahim, di mana umat Islam sedunia berkumpul,"  tegasnya.

Ibadah haji, di samping ritual ibadah juga dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi saling menambah ilmu, ziarah, saling membantu umat di negara-negara muslim dan mempererat silaturrahim. Umat Islam akan kuat jika mereka bersilaturrahim. 

Semoga .....

*) Pembimbing Ibadah Kloter 16 PDG, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman

Posting Komentar

1Komentar
  1. Subhanallah....smg perjalanan haji bpk menjadi inspirasi bagi yg blm berkesempatan utk menunaikan ibadah haji...

    BalasHapus
Posting Komentar

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top