Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Bangun Kantor - CANANG NEWS

Breaking

Senin, 19 Agustus 2019

Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Bangun Kantor


Tanjungmutiara,Canangnews-----Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Kecamatan Tanjung Mutiara, membangun kantor baru untuk persiapan sebagai nagari definitif.
Hal itu disampaikan Bupati Agam melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Teddy Martha saat peletakan batu pertama pembangunan kantor Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Senin (19/8).
Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra, tokoh masyarakat Brigjen TNI Dt. Rangkayo Bungsu, Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian dan Wali Nagari Tiku Utara Amris.
“Dari 16 nagari persiapan, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam yang pertama membuat kantor wali nagarinya. Membuktikan bahwa semangat dan partisipasi masyarakatnya sangat tinggi untuk menuju nagari definitif,” ujar Teddy Martha dalam sambutannya.
Kendati demikian, dari jumlah itu belum ada nagari persiapan yang memenuhi persyaratan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan kode register sebagai persyaratan nagari definitif.
Pasalnya, menurut Teddy dari seluruh nagari persiapan itu mayoritas proses tahapan persyaratan menjadi nagari definitif seperti menyiapkan fasilitas dasar penduduk nagari, penataan bidang kependudukan sudah rampung.
“Namun saat ini tinggal lagi peta batas nagari induk dan batas nagari persiapan yang harus dibuat. Karena menjadi syarat terpenting dalam menentukan pemekaran nagari. Untuk itu, kita juga minta camat untuk ikut membantu dalam proses peta nagari ini,” pinta Teddy.
Setelah itu selesai, pihaknya nanti akan menyiapkan draft Ranperdanya sehingga nanti bisa dilaporkan ke Kemendagri untuk bisa dijadikan sebagai nagari definitif.
Teddy mengapresiasi masyarakat Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam dalam mendukung pembangunan nagari, sehingga menjadi yang pertama dalam membuat kantor wali nagari.
Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra. Marga menyatakan siap mendukung penuh dalam proses pembangunan persiapan nagari Durian Kapeh Darussalam sampai menjadi nagari definitif.
“Keinginan kita Durian Kapeh menjadi sebuah nagari sudah sejak tahun 2000. Alhamdulillah bertepatan di hari kemerdekaan ini, menjadi sejarah bagi kita untuk meresmikan pembangunan kantor nagari persiapan. Mudah-mudahan secepatnya menjadi nagari definitif. Bersama-sama kita memperjuangkannya,” ajaknya. (AMC06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar