Nagari Lubuk Basung Gelar MTQ

0



Lubukbasung,Canangnews-----Meningkatkan Iman dan Tagwa (IMTAQ) Sebanyak 81 kafilah mengikuti Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an (MTQ) Nasional ke-IV tingkat Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam.
Nagari Lubuk Basung mengangkat tema “dengan MTQ, kita lahirkan generasi yang Qur’ani, untuk mencapai Nagari Madani”.
MTQ dibuka oleh Bupati Agam, diwakili Camat Lubuk Basung, Harmezi, di halaman Kantor Wali Nagari Lubuk Basung, Minggu (4/8). Turut dihadiri Kepala TU Kemenag Agam, Kamiri, KUA Lubuk Basung, Asrul, Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra, tokoh masyarakat dan lainnya.
Harmezi mengatakan, jika berbicara tentang melahirkan generasi Qur’ani sejatinya sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab bagi umat muslim. Ini bukan hal yang baru, tapi sudah ada jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia.
“Generasi yang Qur’ani mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun ini bukan hal yang sulit, tapi juga tidak suatu yang mudah untuk dilakukan,” ujarnya.
Tapi menurut camat, semua tergantung kepada niat dan kemauan hati untuk melaksanakannya. Apabila niat dan kemauan tidak kuat, maka generasi yang Qur’ani mustahil bisa terwujud. Namun tetap berupaya bagaimana menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia.
“Untuk itu, kita mengharapkan melalui MTQ upaya untuk melahirkan generasi Qur’ani dan mencapai Nagari Madani dapat terwujud. Sehingga terciptanya nagari yang baldatun taibatun warabun gafur,” ujar camat.
Lebih lanjut camat menyebutkan, setelah pelaksanaan MTQ Nagari, untuk tingkat kecamatan akan digelar sekitar Februari 2020 dan tingkat kabupaten Maret 2020. “Mudah-mudahan kafilah Lubuk Basung mampu mengambil bagian mengikuti MTQ ke tingkat lebih tinggi,” ulasnya.
Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra menjelaskan, kafilah merupakan utusan setiap jorong yang ada di nagari itu, dengan mengikuti tiga cabang lomba yaitu, tilawah, hafidz dan adzan.
“MTQ sebagai upaya bagi kita di nagari untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan amalan isi kandungan Al-Qur’an, serta ajang seleksi untuk MTQ kecamatan,” sebutnya.
Pemerintah Nagari Lubuk Basung, dikatakannya sangat komit menggelar kegiatan keagamaan, yang menjadi salah satu cikal bakal untuk mewujudkan Nagari Madani.
Di samping itu, Wali Nagari mengatakan, MTQ selain ajang lomba juga dapat menjadi motivasi bagi generasi untuk belajar tulis baca Al-Qur’an. Sehingga menjadi generasi yang lebih baik kedepannya.
Pada kesempatan itu, Wali Nagari melantik 18 dewan hakim dan panitera, yang disaksikan seluruh tamu undangan dan kafilah. (rel/bjr)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top