Liputan Khusus, Pelantikan 40 Anggota DPRD Padang Pariaman Berlangsung Khidmat, Happy Neldi Ketua Sementara - CANANG NEWS

Breaking

Rabu, 14 Agustus 2019

Liputan Khusus, Pelantikan 40 Anggota DPRD Padang Pariaman Berlangsung Khidmat, Happy Neldi Ketua Sementara



PADANG PARIAMAN, CanangNews  – Sebanyak 40 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman masa  tahun 2019 – 2024 mengucapkan sumpah dan janji, Rabu (14/8/2019). Mereka merupakan wakil rakyat hasil Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu 17 April 2019.

Pengucapan sumpah dan janji serta pelantikan 40 Anggota DPRD Padang Pariaman itu berlangsung khidmat dalam sidang paripurna istimewa di ruang sidang gedung wakil rakyat setempat dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, Sapta Diharja SH MHum.


Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, Happy Neldi SE MM bertindak sebagai Pimpinan atau Ketua (sementara) DPRD) Kabupaten Padang Pariaman masa  tahun 2019 – 2024 sebelum dipilih secara resmi sesuai mekanisme. Happu merupakan Ketua Partai Gerindra, pemenang pemilu 2019.

Dalam kata sambutannya, Happy Naldi mengemukakan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, bahwa sebelum pimpinan defenitif terbentuk, DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara yang terdiri dari satu orang ketua dan satu orang wakil ketua yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD.


Tugas pokok pimpinan sementara DPRD, lanjut dia, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Dalam melaksanakan tugas yang mulia dan berat ini, kami minta doa dan dukungan semua pihak agar kami dapat menjalankan program kerja dengan baik dan lancar,” pinta dia.


Sebagai anggota dewan, katanya lagi, dituntut untuk bekerja secara optimal dan harus dapat memberikan yang terbaik untuk rakyat. “Selain itu, kita dituntut menepati janji – janji saat kampanye semasa pemilu. Oleh karena itu, kerja keras dan karya nyata harus kita buktikan,” tandas Happy Neldi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam kata sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyatakan, pelantikan Anggota DPRD masa jabatan tahun 2019 – 2024 pada hari ini menandai berakhirnya keseluruhan proses demokrasi lokal yang sekaligus sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.


Pemilu legislatif yang berlangsung pada tanggal 17 April 2019 mencerminkan betapa besarnya harapan seluruh lapisan masyarakat yang memberikan hak pilih mereka dalam menentukan wakil rakyat pada lembaga – lembaga perwakilan guna membawa daerah ke arah yang lebih baik dan maju di segala bidang.

“Saatnya kini para anggota DPRD untuk melangkah bersama dan bergandengan tangan, mewujudkan janji – janji guna mencapai kesejahteraan rakyat Padang Pariaman,” ujar Bupati Ali Mukhni mengutip gubernur.


Menyangkut pemberdayaan daerah, lanjut dia, ada dua tujuan yang hendak dicapai dengan penerapan kebijakan desentralisasi, yakni kesejahteraan dan demokrasi. Untuk mencapai tujuan kesejahteraan, tentunya mengharuskan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan publik secara efektif,efisien dan ekonomis.

Oleh karena itu, desentralisasi tidak semata untuk membentuk pemerintahan daerah yang menjalankan kekuasaan semata, akan tetapi lebih penting lagi guna membangkitkan lagi partisipasi warga terhadap urusannya sendiri. Desentralisasi secara teoritis merupakan upaya membawa negara lebih dekat dengan masyarakat lokal dan mendorong tumbuhnya tatakelola pemerintahan lokal yang lebih demokratis.


Sedangkan peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah, katanya lagi, memiliki tugas legislasi, anggaran dan pengawasan yang dilakukan dalam kerangka representasi rakyat, sangat memegang peranan penting dan strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah.

“Kiranya perlu disadari, dalam melaksanakan tugas, DPRD dihadapkan pada berbagai tantangan, baik yang datang dari kalangan Internal sendiri maupun dari eksternal. Tantangan tersebut dapat berupa belum berjalannya mekanisme check and balance antara kepala daerah dan lembaga DPRD dengan optimal,” kata gubernur.


Ke depan, pinta gubernur, kedua lembaga ini hendaknya saling bekerjasama untuk meningkatkan dan memajukan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat.

Acara pelantikan wakil rakyat itu terlihat cukup meriah dan disesaki para tamu undangan yang diperkirakan mencapai tiga ribu orang. Bahkan, banyak di antara tamu yang harus lelah berdiri berjam-jam meskipun panitia di bawah komando Pelaksana Tugas Sekretaris Dprd Dra Hj Agusti Frami menyediakan kursi dengan memasang tenda besar di luar gedung dewan. (Zakirman Tanjung)

***

Daftar Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Hasil Pemilu Legislatif 2019

Daerah Pemilihan (Dapil) 1
1. Syafrinaldi (PKB)
2. Edirizal AMd (Gerindra)
3. Mulyadi, SH (Gerindra)
4. Rahmad Mahmudal (Golkar)
5. Mothia Aziz (Nasdem)
6. Yuliasman (PKS)
7. Syafrial Amir (PPP)
8. Makmur SE (PAN)
9. Evendi (Hanura)
10. H Surisman Syukur SE (Demokrat)

Dapil 2
1. Hasan Basri SPd I (PKB)
2. Happy Neldy SE MM (Gerindra)
3. Hamardian (Gerindra)
4. Jondedi (PDIP)
5. Syahrul Dt Lung, S Sos (Golkar)
6. Ir Munafestoni (Nasdem)
7. Suryadi Zuhri Ali ST (PKS)
8. Siswanto (PPP)
9. Drs Rosman (PAN)
10. Topik Hidayat SIP (PAN)
11. Januar Bakri SH (Demokrat)

Dapil 3
1. Muhammad Zaher (PKB)
2. Ir H Arwinsyah MT (Gerindra)
3. Harpianda SH (Gerindra
4. Dasmar (Golkar)
5. Jon Hendri (PKS)
6. Dewiwarman SH MH (PPP)
7. Erman (PAN)
8. Rahmad Rizal AMd (PAN)
9. Zul Efendi (Demokrat)

Dapil 4
1. Afredison (PKB)
2. Ramli S Sos (Gerindra)
3. Yusri SHut (PDIP)
4. Syafrizal A SH (Golkar)
5. Alfa Edison (Nasdem)
6. Rusdianto ST (PKS)
7. Ir Syafruddin S (PPP)
8. Aprinaldi MPd (PAN)
9. Dedi Salim (PAN)
10. Basir SH (Demokrat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar