Header Ads

jasa

Paskibraka Agam Lakukan TC Penuh

Lubukbasung,Canangnews----Tidak berbeda tahun sebelumnya tahun ini sebanyak 61 anggota Pasukan Penggerek Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Agam, lakukan training center (TC) penuh untuk mematangkan persiapan pengibaran bendera merah putih, saat upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.
Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Yosefriawan di Lubuk Basung, Selasa (30/7) mengatakan, latihan secara intensif akan dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 15 Agustus 2019, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Agam. Untuk karantina, mereka mulai masuk tanggal 3 sampai 17 Agustus 2019, di Hotel Permata Bunda.
“Anggota Paskibraka direkrut dari siswa SMA/SMK/MA. Mereka mengikuti TC setelah melewati proses seleksi yang ketat beberapa bulan lalu, baik tingkat sekolah maupun kabupaten,” ujarnya.
Mengingat waktu yang singkat, menurutnya perlu dilakukan latihan ekstra, karena tidak ada lagi waktu untuk bersantai-santai. “Semoga tidak ada kendala selama latihan hingga selesainya upacara detik-detik proklamasi,” ulasnya.
Pelatih Paskibaraka Agam, Maswar menyebutkan siswa yang mengiktui pelatihan direkrut dari SMA/SMK/MA se-Agam pada Maret 2019 kemarin. Setelah di sekolah, dilakukan seleksi tingkat kabupaten yang diikuti 280 siswa.
“Dari jumlah itu, empat orang terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat Sumbar. Dua orang diantaranya lolos dan sudah bergabung dengan Paskibraka Provinsi Sumatera Barat,” jelasnya.
Dikatakan, selama latihan mereka diberikan berbagai materi seperti, kesemaptaan, PBB, membuat formasi, pengetahuan umum tentang bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia, pengetahuan berkarakter serta kepemudaan dan kesiswaan.
“Mereka dipandu oleh enam orang pelatih, 1 orang dari TNI, 1 orang dari Polisi, 2 orang dari Purnawirawan Paskibraka Indonesia (PPI) Agam, 1 orang dari Dinas Satpol PP dan Damkar dan 1 orang dari umum,” jelasnya. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.