Teater Pagetta Sabbau Sikerei Pertama Tampil Dimentawai






Mentawai,Canangnews------ Teater tentang Seorang Sikerei Pertama Pagetta Sabbau yang mempunyai kekuatan gaib yang diperoleh dari ukkui atau leluhur melalui mimpinya di tampilkan di  Festifal Pesona Mentawai .

Pagetta Sabbau dalam acara ini sebagai tokoh utama pemeran sikerei yang sama sekali tidak disangka sangka keberadaan kekuatan gaib yang sungguh luar biasa .
Awal ceritanya Pagetta Sabbau hanya seorang anak yang di besarkan oleh sepasang suami istri yang menemukannya di hutan .


Sikecil pagetta Sabbau tersebut lalu dibawa ke rumah mereka dan di beri tando ( Tanda dalam bahasa indonesia ) supaya mereka mengenali dirinya dan membiarkannya bermain .



pagetta sabbau mempunyai hobby memanah dari kecil hingga dewasa iapun suka dan memiliki kekasih yang akhirny dinikahinya .lanjut cerita dimalam hari pagetta Sabbau bermimpi bertemu seekor buaya raksasa yang dipercayai sebagai sipasijago oinan ( penjaga air boleh juga disebut leluhur) dalam mimpinya dirinya diminta untuk buatkan Long ( Roigen dalam bahasa Sikabaluan) dlam perjalanan mimpinya ia terbangun dan merenungi apa maksud dari mimpinya tersebut .

sehabis dari bilik kamar tidur ia pun bergeggas menuju lokasi yang dimaksud dan melaksanakan apa yang diperintah oleh leluhur kepadanya .singkat cerita ia pun menjadi sikerei dan mempunyai kekuatan spesial dapat berbuat apa saja yang dikehendaki bahkan tak dapat mati pada saat itu .

Pagetta Sabbau dalam teater tersebut meninggal karena memang sudah tua dlam arat mentawai pasogaijan taikamanua kalulut amabajaan .( johan)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.