Header Ads

jasa

Akhirnya Masyarakat Tutup Tempat Pembuangan Sampah Sementara,DLH Solsel Panik




Solok Selatan,Canangnews-----Komitmen tidak jelas membuat masyarakat Kota Solok Selatan geram dan akhirnya masyarakat melakukan penutupan tempat pembuangan sampah sementara.

Beberapa masyarakat ketika ditemui di lokasi pembuangan sampah Jorong Bukit Malintang golden arm Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan mengatakan : Penutupan lokasi pembuangan sampah sementara kami lakukan di karenakan kekecewaan masyarakat terhadap Dinas Lingkungan Hidup Solok Selatan.

Berawal dari tahun 2016 lalu pemkab Solsel telah berjanji membangun Tempat pembuangan sampah permanen.Tempat yang kami tutup sekarang ini hanya di jadikan tempat penampungan sementara,menjelang TPA permanen siap bukan untuk selamanya. 


Namun hampir pertengahan tahun 2019  tidak ada tanda-tanda akan di selesaikannya pembangunan TPA. Informasi yang beredar anggaran sudah disahkan oleh Dewan perwakilan rakyat Kabupaten Solsel

Hanya saja DLH yang membuat banyak alasan.Tempat sementara inilah di jadikan untuk pembuangan akhir sampah. 
DLH  sekarang membuang sampah seenaknya tanpa memikirkan efek yang akan  di terima oleh masyarakat.ucap para warga di lokasi. 

Kondisi sampah saat ini telah melebihi kapasitas tempat pembuangan sementara. Sangat tidak layak dan telah mengancam kesehatan masyarakat sekitar. Sepertinya Pemkab Solsel melalui dinas Lingkungan hidup tidak peduli dengan kesehatan  lingkungan. Padahal untuk lingkungan telah di atur melalui UU 32 Tahun 2009. 
Juga di tegaskan  beberapa pasal pada undang - undang tersebut bahwa membuang sampah sembarangan tempat dengan sengaja dan merusak tatanan kehidupan masyarakat dapat dituntut dengan  Pidana



Yang kami herankan DLH Kabupaten Solok Selatan seperti melecehkan UU 32 tahun 2009 tersebut. Hanya pihak hukumlah yang bisa mengungkap Faktanya.Ujar para masyarakat lagi 

Sementara itu ketua Dpw Lsm Garuda Nasional Sumbar Mengatakan sangat menyayangkan penutupan tempat penumpukan sampah ini terjadi. Di minta pada pihak terkait dan jajarannya segera mencarikan solusinya, sehingga masyarakat merasa nyaman. Dan kepada jajaran penegak hukum segera menindak lanjuti tetang apa kondisi sebenarnya terkait belum juga di selesaikannya tempat pembuangan sampah. Jelasnya. 

Saat berita ini dipublikasikan pihak terkait DLH Solok Selatan belum berhasil di hubungi.( Zam/Bj)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.