Tiga Agenda Keagamaan di Ampek Angkek Sukses


Agam,Canangnews----Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, sukses menggelar tiga agenda keagamaan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.
Ketiga agenda itu digelar tingkat SD/MI se-Ampek Angkek seperti lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), lomba adzan dan kontemplasi akhir Ramadhan, di Masjid Baiturrahman Parik Putuih, Selasa (28/5).
Camat Ampek Angkek, Hidayatul Taufik mengatakan, kegiatan itu diikuti sebanyak 600 peserta berasal dari siswa SD/MI se-Kecamatan Ampek Angkek. Terselenggaranya acara tersebut berkat kerjasama dengan forkopimca, lembaga kecamatan dan lainnya.
“Agenda itu kita gelar untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, yang hanya tinggal beberapa hari lagi,” katanya.
Selain itu, acara tersebut juga sebagai implementasi program strategis Pemerintah Kabupaten Agam yaitu, gerakan Nagari Madani, yang menganjurkan setiap nagari dan kecamatan untuk memperbanyak menggelar kegiatan atau iven keagamaan.
“Dalam hal ini, kita telah menentukan siapa pemenang lomba berdasarkan penjurian yang ketat. Jurinya adalah orang yang ahli di bidangnya sebanyak tiga orang yaitu juri MHQ adalah Hamdi, SIQ, S.Ag dan M. Afdhil, LC, kemudian M. Afdhal, S.Hi juri adzan,” pungkasnya.
Untuk lomba MHQ putra, juara I diraih M. Syaqi dari SD Islam Darul Makmur, juara II Rovangga Pratama dari SDN 29 Koto Hilalang, juara III Raditya Maulana dari SDIT Baiturrahim, juara IV Nabil Septian dari SDN 07 Sitaouang, juara V M. Fathur Rahman dari SDN 24 Biaro dan juara VI Fajri Alfatir dari SDN 06 Batu Taba.
Kemudian MHQ putri juara I Naorah Naila Syafa, juara II Febi Lutfia, juara III Najoah Safaratul, harapan I Shausan Syifa, harapan II Nir Raisya Balqis dan harapan III Fitratul Hasanah.
Sedangkan untuk lomba adzan juara I diraih M. Erfan Affandi dari SDN 11 Balai Gurah, juara II Rahel Putra Mahyadi dari SDN 07 Sitapuang, juara III Rezki Rahmatullah dari SDN 18 Sitapuang, harapan I Alfian Rusdiansyah dari SDN 03 Koto Marapak, harapan II Ilahmdi Rizki Akbar dari SDN 10 Kubu dan harapan III Irsyad dari SDN 21 Pilubang.
“Masing-masing pemenang diberikan hadiah tropi dan tabanas serta doorprize berupa perlengkapan sekolah,” katanya.
Camat berharap, kegiatan ini tidak hanya diperlombakan saja, tetapi juga dapat menjadi motivasi bagi anak-anak untuk lebih menggiatkan baca Al-Quran. (rel/bjr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama