Header Ads

jasa

Suhatri Bur: Public Speaking dan Protokoler Berperan Penting



BUKITTINGGI, CanangNews Wakil Bupati Suhatri Bur bertindak sebagai nara sumber dalam pelatihan public speaking dan keprotokolan Pemkab Padang Pariaman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Bagian Humas Pemkab Padang Pariaman di Rocky Hotel Bukittinggi selama tiga hari, 2 – 4 April 2019 dengan berberapa narasumber. Selain Wakil Bupati Suhatri Bur juga Sandra Erawanto, S. STP., M. Pub. Pol (Widyaiswara Muda Kapusdiklat Kementerian Sekertariat Negara RI), Enim Yasmi (Kasubag Acara dan Protokol Provinsi Sumbar), Dr. Nofrion,M.Pd (Instruktur Public Speaking Institute), Kadis Duk Capil Padangpariaman Muhammad fadhly, Sekda Jonpriadi dan Kabag Humas Pemkab Padangpariaman Andri Satria Masri serta Kasubagnya Baiq Nila Ulfaini.

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan pelatihan ini berguna untuk pengembangan SDM untuk menunjang kinerja ASN dalam lingkungan Pemkab Padangpariaman 

"Kita melihat sumber daya yang kita miliki di lingkungan pemkab banyak sekali, namun potensi yang ada perlu diasah menjadi lebih baik, mulai dari cara berbicara, berperilaku maupun cara menyampaikan sesuatu. Perlu juga kita ketahui pelatihan ini penting dan merupakan wujud dari kepedulian Pemkab Padangpariaman terhadap pengembangan SDM ASN demi kemajuan daerah yang kita cintai ini," ujarnya.

Katanya, pelatihan ini bertujuan untuk memahami konsep dasar tentang Public Speaking dan Protokoler serta yang kedua untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dengan lebih efektif dan efisien dan menjadikan mediator kerja yang akurat melalui penerapan komunikasi yang efektif baik internal maupun eksternal.

Dikatakan, pelatihan seperti ini merupakan komponen penting untuk para Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemkab Padangpariaman .

“Kita merasa ini adalah komponen penting dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kita di lingkungan Pemkab Padangpariaman. Jadi pelatihan ini sangat penting agar para ASN yang bekerja di pemerintahan mampu tampil di depan umum sebaik mungkin," ujarnya.

Kemudian kata Suhatri Bur, apa sih sebetulnya public speaking,  Kalau diterjemahkan secara bebas memang bagaimana cara berbicara di depan publik atau umum. itulah dasarnya dirinya menyatakan kegiatan ini sangat penting diadakan untuk ASN di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

"Pelatihan public speaking memang penting, sebab jika dilihat di lingkungan Pemkab Padangpariaman wajib memiliki kemampuan public speaking untuk kemajuan daerah. Apalagi kelemahan kita kadang berbicara di depan itu tidak tahu topik apa yang disampaikan, batas mana, kadang guyonannya melebihi batas kontennya. Nah itu yang perlu di pelajari sekarang. Mulai dari bagaimana penampilan, bagaimana membuat audiens mau mendengarkan kita, itu juga keahlian sendiri,” tandasnya.

Suhatri Bur atas nama Pemkab Padangpariaman berterima kasih kepada bagian humas telah melaksanakan kegiatan ini. "Sehingga ke depan para ASN khusus bagian Humas Pemkab Padangpariaman lebih mahir tampil di depan publik. Saya meminta kepada semua peserta jangan sia-sia atau sebagai angin lalu, tetapi berguna bagi kita semua. Sehingga sebagai ASN menyadari di bagian humas harus mempunyai satu keahlian khusus untuk itu," tandasnya mengakhiri. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.