Dinas LHKPP Selenggarakan Sosbimtek Pengisian Aplikasi Excel - CANANG NEWS

Breaking

Senin, 15 April 2019

Dinas LHKPP Selenggarakan Sosbimtek Pengisian Aplikasi Excel


PADANG, CanangNews – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memacu lahirnya masyarakat industrialis, masyarakatr yang serba otomatisasi, mekanisasi dan standarisasi. Hal ini menimbulkan dampak negatif seperti limbah yang dihasilkan industri, yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem serta menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DLHPKPP) Kabupaten Padang Pariaman Ir Yuniswan MSi mengemukakan hal itu melalui Kepala Bidang Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas (P3K) DLHPKPP) Yulia Kristina Dewi SH ketika membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Sosbimtek) Pengisian Aplikasi Excel Menuju Calon Sekolah Adiwiyata di Hotel Rangkayo Basa – Padang, Senin (15/4/2019).


Untuk membangkitkan kesadaran manusia terhadap lingkungan hidup, lanjut dia, proses yang paling penting dan harus dilakukan adalah dengan menyentuh hati. Jika proses penyadaran telah terjadi yang diikuti perubahan sikap, pola pikir dan perilaku terhadap lingkungan, maka peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam mengelola lingkungan dapat berlangsung optimal.

Melihat persoalan yang terjadi dan kapasitas sumberdaya yang memanfaatkan dan mengelola lingkungan hidup, papar Yulia Kristina Dewi, maka program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah perlu terus dikembangkan dengan memberikan pemahaman, tuntunan dan penyadaran kepada para siswa dalam bersikap, berperilaku dan peduli serta berbudaya lingkungan.

“Oleh karena itu, kita perlu menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui program adiwiyata. Program ini hendaknya mendapat dukungan dan partisipasi dari semua pelaku pendidikan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,” ulas Yulia.


Ia menambahkan, kebijakan pendidikan lingkungan hidup pertama kali disepakati pada tanggal 19Februari 2004 oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama dan Departemen Dalam Negeri. Kebijakan ini menjadi dasar arahan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup serta sebagai solusi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Sosbimtek Afni Susanti SP MSi melaporkan, kegiatan ini berlangsung sehari penuh yang diikuti 60 preserta. Mereka terdiri dari utusan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Tim Adiwiyata Kabupaten Padang Pariaman.


Sedangkan pemateri atau narasumber antara lain Yunhendri Danhas MTr dari Universitas Negeri Padang (UNP) dengan materi “Manusia dan Lingkungan Hidup, Suatu Perspektif”, Siddiq Pramono ST dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar dengan materi “Sosialisasi Adiwiyata” dan Aulia Azhar ST MSi (Tim Adiwiyata Provinsi Sumbar) dengan materi “Aplikasi Excel – Self Assesment – Sekolah Adiwiyata. (ZT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar