Header Ads

jasa

MTs – SMK Zamiga Terakreditasi, Kualitas Pendidikan Terus Ditingkatkan



  


Pasbar,canangnews----Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Zaminul Ghairi (MTs PP Zamiga) dan Sekolah Menengah KejuruanTeknologi Informatika Zaminul Ghairi (SMK TI Zamiga), yang berada dalam lingkup Yayasan Pendidikan Pesantren, Informasi dan Teknologi Zaminul Ghairi ( YPPIT ZAMIGA) Kecamatan Parit  KKoto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, bertekad mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas.

Sebagai langkah awal telah dilalui dengan mengantarkan MTs dan SMKZamiga, raih predikat akreditasi. Sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Sumatera Barat Nomor381/BAN-Prov/SK/XII/2018 tentang penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah tahun 2018. 

Keputusan tersebut keluar pada tanggal bulan Desember 2018 lalu bagi sekolah/madrasah yang telah divalidasi, dan diverifikasi. Setelah memenuhi persyaratan, ditetapkan hasil akreditasinya melalui Rapat Pleno BAN-S/M Provinsi SumateraBarat.


Sebelumya, tim visitasi akreditasi kunjungi  MTs PP Zamiga Parit. Yakni oleh tim asesor, H Faisal dan Adrizal Sikumbang dari BAN S/M Sumatera Baratpada13-14 November 2018.
        Kemudian masih dalam minggu dan bulan yang sama, 16-17 November 2018,  giliran SMK TI Zamiga dikunjungi oleh Tim Asesor Akreditasi.Mereka adalah Muliatua Siregar dan Gamal.
       
        Selain melakukan penilaian, tim juga sekaligus memberi masukan dan binaan untuk kemajuan kualitas pendidikan ke depan.
        “Banyak pelajaran/ saran dan masukan dalam upayan perbaikan dan peningkatan kualitas ke  delapan standar pendidikan nasional khususnya pada MTs PP Zamiga dan SMK TI Zamiga, “ujar Irti Zamin Lubis, SS, Pimpinan Zamiga.

        “Alhamdulillah baik MTs maupun SMK Zamiga,kini telah terakreditasi. Dan sebagai madrasah/ sekolah yang relatif baru, sangat disyukuri telah memperoleh nilai yang relatif bagus, yakni 73 untuk MTs dan 77 untuk SMK Zamiga, “ terangnya .

Ditambahkan, akreditasi sekolah memang sangat penting sebagai proses penjaminan mutu layanan pendidikan. Dengan Sasaranuntuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diamanatkan oleh Undang_Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dijelaskan, terdapat delapan Standar Nasional Pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Terdiri dari, Standar isi,standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana dan prasarana,standar pengelolaan,standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

        Adapun kriteria nilai peringkat akreditasitelah mengalamipeningkatan. Yakni nilaiA,jika sekolah memperoleh nilai Akhir Akreditasi (NA) 91 sampai dengan 100. PredikatB, dengan nilai 81 sampai dengan 90.dan C  71 sampai dengan 80. Sedangkan D adalah61 sampai dengan 70,dengan predikat tidak terakreditasi.

Ke depan, Zamiga Islamic Boarding School bertekad mampu meraih nilai akreditasi yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, jelas Irti, pihak yayasan dan seluruh  personil sekolah harus kerja keras mengkaji setiap point kekurangan untuk diperbaiki.

Sebab, akreditasi tidak hanya sebatas memperoleh predikat, tapi juga dapat dijadikan sebagai instropeksi sejauhmana kualitas pengelolaan sekolah. Sehingga, hasilnya yang kian bagus, akan berimbas pada kepercayaan masyarakat terhadap sekolah akan meningkat, sekaligus motivasi kerjapun akan bertambah baik.

Lebih lanjut dijelaskan, MTs PP Zamiga yang berdiri sejak tahun 2014 dan SMK TI Zamga, dengan program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang dibuka sejak 2016, terus lakukan pembenahan.

Di antaranya, peningkatan disiplin baik siswa maupun tenaga pendidik dan kependidikan, rekrutmen guru yang kompeten, evaluasi kinerja guru, peningkatan kesejahteraan guru, dan pembenahan serta penambahan sarana dan prasarana.

Berbagai prestasipun sudah dapat diraih, baik MTs maupun SMK Zamiga. Dibuktikan dengan sejumlah piala, tropi dan hadiah yang diperoleh mulai dari tingkat sekolah, kecamatan dan kabupaten. Hal ini tak lepas dari upaya peningkatan pembinaan siswa dan keaktifan madrasah/sekolah dalam berbagai bidang. (irz)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.