Masyarakat Palembayan (GUMSRANG) Dambakan Perbaikan Jalan

0




Agam, Canangnews----- Sejumlah warga jalan daud datuak sinaro jorong 1 gumarang mengeluh entah mengapa dari dulu  tidak pernah diperbaiki jalan di Gumarang 1 ini di Kecamatan Palembayan, Mayasrakat mengeluhkan akses jalan lingkar Nagari yang sudah sejak puluhan tahun dibiarkan rusak parah. Selain kerusakan jalannya yang parah, hampir seluruh jalan tersebut berlubang dengan kedalamaan 10 sampai 15 cm kurang lebih.

Kerusakan pada jalan itu bukan hanya menghambat perekonomian masyarakat namun membahayakan para pengendara melewati. Salah seorang Tokoh masyarakat Nagari Retna Nerwati mengatakan, jalanya lingkar itu dari ambacang sampai alahan anggang ujung jorong 2 itu udah diaspal beton dari lambah jorong 1 sampai timalun atas udah dicor tinggal beberap kilo yang banyak penduduknyo kurang lebih 600 jiwa seperti jalan itulah keadaanya, Ungkapnya ke WAG Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP). kondisi rusaknya jalan poros antar jorong yang menghubungkan Baluka panjang dan Nagari Silungkang sepanjang Kurang lebih 3,5 km merupakan akses perekonomian masyarakat. Sebab, aktivitas warga yang hendak menggarap sawah dan ladangnya melalui jalur ini.

Jalan lingkar antar jorong atau nagari itu merupakan satu-satunya yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. “Mulai dari masuk arah jalan utama yaitu ruas jalan provinsi menuju baluka panjang yang dipadati permukiman warga termasuk menuju kantor Nagari Silungkang mesti ekstra hati-hati karena banyaknya jalan yang berlubang cukup dalam. Apalagi disaat musim penghujan seperti ini tidak sedikit yang terperosok,” kata Tokoh Masyarakat Retna yang peduli akses jalan untuk orang banyak ini kepada Ketum GPPKP Kamis, 17/01/19.

Hal senada diutarakan warga Kecamatan Palembayan lainnya, Anton. Menurutnya, jalan lingkar Jorong antar nagari tersebut yang menghubungkan dua Nagari itu pernah dibangun dengan coran tahun 2018 separohnya dari panjang jalan. Namun sisa kerusakan yang banyak penduduk hingga saat ini belum pernah ada perbaikan, padahal akses jalan ini merupakan akses utama perekonomian masyarakat perdesaan untk mengangkut asil pertanian.

"Itu mungkin karna Nagari Tigo Koto Silungkang (Gumarang) Luwas nagarinya...Pusing nyiak Wali membagi angaran...mana yang akan didahulukan.
Ibarat tutup kain saruang...di tarek keatas tampak kaki di tarek kabawah terbukak kepala". cuma solusinyo ditahun panas ini kita agak bijak menentukan pilihan caleg jangan rugi kita lima tahun lagi atau kedepan....salam GPPKP..".Ungkapnya di Group WAG Kampuang Tacinto GPPKP.

Kami dari Organisasi Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan GPPKP cukup prihatin dan berharap pihak terkait Pemda Kabupaten Agam, Pu Agam dan Anggota DPRD Agam bisa menangapi keluhan dan keresahan masyarakat dengan kerusakan jalan lingkar di baluka panjang Gumarang 1 Kecamatan Palembayan kabupatem Agam ini. Karna saat warga mau ke sawah dan keladang maupun yang bekerja harus ekstra hati-hati melalui jalan ini. Apalagi disaat malam hari  atau hujan, saat masyarakat setempat para petani membawa hasil taninya, karena mereka harus mengeluarkan biaya tambahan yang lumayan besar untuk transportasi karna keruskan kendaran, Misalnya,” Ketum GPPKP Rusman Hakim.

Retna Nirwati menambahkan, pihaknya sudah mencoba mengoordinasikan ini dengan pihak pemerintahan kecamatan dan mengusulkan ke buk Camat aryati (Mantan) dulu waktu menjabat di Kecamatan Palembayan, kata beliau udah ibuk cc Retna tapi nyatanya dana itu di duga dibelokan ke tempat yang lain dan sampai sakarang  dan waktu dulu tapi belum ditanggapi serius. “Saya berharap pemerintah bisa membantu keluhan warga terkait jalan ini,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Nagari (Wali Nagari) Silungkang, lskad, di colek di Grup belum menjawab sampai diturunkan kabar ini, Tapi kami menduga Wali nagari akan membenarkan parahnya kerusakan jalan lingkar jorong yang menghubungkan dua Nagari. Namun mengingat kemampuan anggaran Nagari yang terbatas, pihaknya hanya bisa membangun jalan lingkar separuhnya dulu.

Beberapa minggu ini pada hari Senin 14/1 lalu masyarakat melkukan Goro di jalan Daud Datuak Sinaro menuju Baluka Panjang (jalan lingkar) ini terlihat masyarakat turun berpartisipasi bergotong royong membersihkan semak belukar serta saluran air pada jalan lingkar di Gumarang 1 tersebut terlihat hadir sekretaris GPPKP Rahmat Hidayat dan tokoh masyarakat lainnya.(br)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top