Subscribe Us

header ads

KSB Berbasis Kaum Pasia Laweh Ikuti Pelatihan Kebencanaan


Agam,Canangnews------Wali Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam Zul Arifin Dt Parpatiah, kukuhkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) berbasis kaum, Kamis (17/1).
Zul Arifin mengharapkan anggota KSB dapat menjadi perpanjangan tangan BPBD Agam ketika terjadi bencana, sekaligus jadi relawan yang mampu meminimalisir jatuhnya korban jiwa.
“Ucapan terimakasih disampaikan kepada Tim BPBD Agam, yang telah memberi semangat pada anggota KSB nagari untuk meningkatkan kapasitas KSB, dalam menjalankan program, inovasi pengurangan risiko bencana,” kata Zul Arifin.
Setelah pengukuhan, KSB mendapatkan pelatihan kebencanaan dari BPBD Agam, di Jorong Angge.
Zul Arifin meminta anggota KSB mengikuti pelatihan dengan baik. Agar budaya siaga bagi masyarakat nagari dan jorong dapat dirasakan dan diterapkan di tengah masyarakat.
“Apalagi KSB dibentuk berbasis kaum yang dikoordinir oleh pemangku adat dimasing-masing persukuan,” ujarnya.
Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabid PK, Yunaidi mengatakan, melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana dijadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas.
“Bila terjadi bencana diharapkan anggota KSB dapat lebih awal mengetahui dan mengambil sikap pelaksanaan penanggulangan bencana,” sebutnya.(rel/bjr)

Posting Komentar

0 Komentar