Header Ads

jasa

Bupati Agam Bawa Rombongan Kirim Bantuan Korban Stunami Lampung Selatan



Agam,canangnews – Pemerintah kabupaten  Agam telah mengirimkan Bantuan Untuk Korban Bencana Kabupaten Lampung Selatan yang terkena Stunami Jumat (4/1).

Bantuan tersebut yang berasal dari Baznas Kabupaten Agam, Bank Nagari dan sumbangan pegawai dan guru-guru se-Kabupaten Agam itu berupa uang tunai sebesar Rp. 100 juta dan bantuan logistik berupa beras setengah ton, pakaian selimut dan sayur -sayuran untuk korban Tsunami di Kabupaten Lampung Selatan dan sekitarnya.

Dengan menggunakan transportasi darat yang dipimpin oleh Bupati Agam Dr. Indra Catri bersama beberapa orang kepala OPD, yaitu Kepala Dinas Sosial Agam, Kurniawan Syahputra, Kepala BKPSDM, Fauzir, Kepala Dinas Dikbud Isra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hamdi, Kepala BPBD, Lutfi, Kepala Bapedda Welfizar, Kepala PU Yunaldi, dan Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Tasman, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Wahyu Bestari, Kabid Limjamsos Dinas Sosial, Ismar Budi Septa dan Kasubag Protokol Humas, Ferdianda.

Rombongan Pemkab Agam sampai di rumah dinas Bupati Lampung Selatan, Jum’at (4/1) sore. Setelah itu bantuan langsung diserahkan kepada Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto didampingi Sekda Lampung Selatan, Fredi Sutirman dan beberapa jajaran pejabat Pemkab Lampung Selatan, kemudian dilanjutkan dengan temu ramah.

Dalam pertemuan, Bupati Agam Dr. Indra Catri menyampaikan rasa prihatin dan empati terhadap warga Lampung Selatan dan sekitarnya yang menjadi korban tsunami Selat Sunda, sebagai musibah yang tidak bisa diduga.

Bupati Agam mengatakan, bahwa ia bisa merasakan apa yang dirasakan saudara yang terdampak bencana tersebut. Karena Kabupaten Agam juga merupakan daerah etalase bencana. Hampir tiap hari kalau cuaca buruk daerah Agam dilanda bencana.

" Semoga bantuan ini bermanfaat untuk meringankan beban bagi masyarakat Lampung Selatan yang terkena bencana tsunami,” ungkap Bupati.

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Agam, khususnya Bupati Agam Dr. Indra Catri yang telah memimpin dan menyempatkan waktu luangnya melihat warga yang sedang tertimpa musibah ini.

“ Bantuan yang diberikan Pemkab Agam ini sangat berharga bagi kami untuk meringankan beban masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Bupati Nanang Ermanto menjelaskan, korban saat ini berada di posko pengungsian dengan kondisi tanggap darurat ke-dua.“ Namun tidak tertutup kemungkinan tanggap darurat tidak diperpanjang, karena kondisinya saat ini belum stabil sepenuhnya akibat status anak gunung krakatau siaga tiga,” paparnya.


Sementara, Kepala Koordinator Media Center, Sefri menyebutkan, jumlah pengungsi hingga pukul 20.00 WIB, Kamis (3/1/), mencapai 7.080 jiwa yang tersebar di 7 kecamatan yang terkena tsunami.

“ Akibatnya, korban meninggal dunia hingga tadi malam sudah mencapai118 jiwa, 7 orang dinyatakan hilang, luka berat 446 orang, luka sedang tidak ada dan luka ringan 7.357 orang," ulasnya.

Untuk kerusakan rumah sebanyak 710 unit, dengan rincian, yaitu 544 unit rusak berat, 70 unit rusak sedang dan 96 unit rusak ringan.“ Total dana kerusakan belum bisa pasti kita berikan keterangannya. Karena, saat ini masih melakukan fasilidasi keakuratan data,” Sebutnya. (Bjr)


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.