Header Ads

jasa

2019 , Pasar Pariaman Akan Dibangun



Pariaman,canangnews --- Walikota Pariaman Genius Umar Pimpin rapat pemantapan jelang pembangunan Pasar Pariaman yang akan dibangun dalam tahun ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Pusat.
Rapat koordinasi juga dihadiri Danramil Pariaman, Perwakilan dari Polres Pariaman, Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman, serta Dihadiri Kepala OPD Pemko Pariaman dengan moderator Kepala Disperindagkop Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (9/1).
Pemuka  masyarakat Pariaman ,Tokoh Adat yang terhimpun dalam Anak Kenagaria, Camat, Kepala Desa/lurah. turut hadir
Wako Genius dalam kesempatan tersebut paparkan prosedur alur permohonan bantuan dari Kementerian hingga disetujui oleh Presiden RI untuk pembangunan Pasar Pariaman yang mulai runtuh dan rapuh dikarenakan usia dan gempa 2009 silam.
" Saya terasa mimpi saat bisa menghadirkan dua orang menteri ke Kota Pariaman dua minggu lalu, yakni Menteri PUPR dan Menteri Perdagangan yang langsung meninjau lokasi pasar Pariaman dengan masuk kedalam pasar, " imbuh Genius.
Bahkan, lanjut Genius setelah kita ajukan untuk pembangunan pasar Pariaman ini, langsung mendapat respon positif dari kedua pejabat negara itu yang dibuktikan dengan ke esokan harinya saya dipanggil ke kementerian untuk persentasikan konsep pembangunan pasar.
" Disanalah kita tahu, bahwa hanya ada dua pasar di Indonesia yang dibantu pembangunannya dengan dana alokasi khusus yakni Pasar Solo dan Pasar Pariaman," ujarnya lagi.
Lebih lanjut, Wako Pariaman Genius Umar berharap sekali agar proses yang telah sama-sama kita tempuh untuk pemabngunan Pasar Pariaman ini dapat terealisasi secepatnya.
Karena, kata Genius lagi, proses pengerjaan Pasar akan dimulai di bulan maret 2019 ini, sementara itu khusus untuk pasar penampungan sementara akan di alihkan tetap berada di sekitar Pasar Pariaman mengingat lamanya pengerjaan pembangunan pasar tersebut akan memakan waktu sembilan bulan.
Seperti yang dilakukan dalam dialog bersama para pemangku kepentingan Pasar Pariaman, yang sangat mendukung sekali upaya dari Pemko Pariaman itu untuk membangun kembali pasar yang menjadi kebanggaan warga Kota Pariaman ini dan juga menjadi sentral pasar daerah tetangga yakni Kabupaten Padang Pariaman.
Genius berikan apresiasi positif dan ucapan terimakasih atas dukungan para pemangku kepentingan untuk pembangunan pasar Pariaman tersebut dan berharap sama-sama mendukung pembangunan Kota Pariaman untuk pemerataan ekonomi yang lebih baik lagi.
Sementara itu pada kesempatan yang sama anak nagari pasa Alwis Ilyas kepada canang membenarkan bahwa diundang pada acara tersebut dan saya mengajukan beberapa pendapat terhadap teknis pembangunan pasar pariaman yang akan dibangun dimana secara prinsip kami tidak keberatan pasar tersebut dibangun. dan perlu  pertemuan teknis dibahas agar tidak terjadi "rumah siap tukang dibunuah"
Untuk kelanjutannya pihak terkait agar mensosialisasikan baik terhadap pihak pedagang baik sebagai mengontrak ataupun yang punya kadai agar jelas mendudukan porsinya serta begitu juga Nagari .Lain hal Firman Zuhri darab sekretaris KAN pasa juga menjelaskan posisi pasar Pariaman terhadap keterlibatan nagari di dalam pasar tersebut baik dari sudut sejarah kenapa ada empat nagari terlihat dalam pembangunan pasar (Ad/H)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.