Header Ads

jasa

100 Ribu Bibit Tanaman Hortikultura Siap Disalurkan Tahun Ini



Agam,canangnews---- 2009 ini ada Sekitar 100 ribu bibit tanaman hortikultura siap di sebarluaskan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam kepada masyarakat .
Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, (DPKP) Agam Ermanto pada wartawan , Selasa, (29/1) menjelaskan  sebanyak 100 ribu bibit tanaman berumur panjang yang diantaranya, Jengkol, petai, nangka, alpukat, kemiri, siap untuk disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Agam.
“Saat ini, jumlah bibit yang akan disalurkan kepada masyarakat semakin bertambah,” ujarnya.
Dikatakan, penyaluran akan dilakukan menurut bentuk geografis wilayah dimana bibit itu cocok untuk disebarkan
“Seperti Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, dan Palembayan cocok ditanami petai, jengkol, durian. Sementara di wilayah Agam yang datarannya tinggi akan disalurkan bibit alpokad, dan manggis,” ujarnya lagi.
Saat ini, ketersediaan bibit tanaman hortikultura tersebut masih berada di rumah bibit, dan pihaknya juga tengah mempersiapkan bibit tambahan yang beberapa bulan kedepan siap untuk disalurkan.
Dijelaskan, penyaluran tanaman ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Agam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Selain itu, penyaluran tanaman berumur panjang ini juga bertujuan untuk penghijauan, serta antisipasi terhadap bencana longsor dan banjir. Karena akar kayu dari tanaman ini dapat menahan tanah dan menyerap lebih banyak air, ” . (amc/br))

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.