Wako Pariaman Silaturrahmi ke IKO-Paris

0


Pariaman,canangnews --- Walikota Pariaman Genius Umar bersama Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau dan Bundo Kanduang Kota Pariaman bersilaturahmi dengan Ikatan Keluarga Kota Pariaman (IKO Paris) Jakarata Pusat, Selasa (11/12/2018) di Jakarta.
Genius dan rombongan disambut oleh Ketua IKO Paris, Bagindo Fahmi beserta sejumlah perantau Kota Pariaman yang tergabung dalam ikatan tersebut.
Genius mengatakan jalinan silaturahmi penting dilaksanakan antara kampung dan rantau dalam mendukung pembangunan Kota Pariaman yang lebih baik. Pemerintah Kota Pariaman sangat terbuka  menerima segala masukan dan saran dari para perantau.
“Silaturahmi antara kampuang dan rantau penting dijalin. Jembatan hati antara ranah dan rantau adalah modal untuk membangun kampung," ujar Genius Umar.
Lebih lanjut Genius mengatakan, semua harapan para perantau sampai sekarang sudah dilaksanakan dari jauh hari seperti UMKM, Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperindag sering memberi pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM.
“Mulai memberi modal, bagaimana memproduksi produknya yang bagus sampai mendistribusikan, dan kami juga ikut mempromosikan produk- produk UMKM seperti membuat acara pariaman fasion parade dll,” jelas Genius.
Lebih lanjut dia menjelaskan, sedangkan untuk masyarakat yang masih menganggur kita beri pelatihan-pelatihan seperti di bengkel motor atau di percetakan dan masih banyak yang lain yang kami laksanakan.
Kalau program pendidikan kita mempunyai program wajib belajar 9 tahun dimana kita memberikan gratis tidak memungut biaya sekolah, dan kedepanya kita ada program satu keluarga satu sarjana. Untuk pendidikan agama kita ada program magrib mengaji yang dilaksanakan di setiam mesjid-mesjid di kota pariaman.
Sedangkan dibidang pariwisata kita sering membuat iven-iven internasional maupun iven nasional seperti kemarin kita mengadakan iven triathon yang diikuti dari bergai negara.
"Yang saya harapkan Orang Piaman yang ada di rantau mesti ikut berpartisipasi membangun kampungnya. Membangun kampuang tidak hanya bisa diwujudkan dengan membantu secara materil saja, namun bisa juga melalui pembangunan non materil. Misalkan ikut mempromosikan objek2  pariwisata dan even- even di kota pariaman seperti tabuik dan triatlhon itu bisa melalui media sosial atau dari mulut kemulut sehingga kota pariaman akan semakin maju dan akan semakin dikenal," tutupnya.
Ketua IKO Paris Bagindo Fahmi mengatakan dalam sambutanya memberi lima usulan dan saran kepada walikota pariaman diantaranya 1. perlu kiranya di beribfasilitas dan kesempatan untuk kemajuan UMKM misalnya di bidang sulaman bordir dan kuliner, 2. perlu diberikan modal dan keterampilan bagi masyarakat kota pariaman khusus yang menganggur, putus sekolah, yatim piatu. 3 meningkatkan pembelajaran agama dan memperbanyak tempat tpa, pondok persantren dll. 4.meyediakan perumahan dp 0% buat masyarakat tidak mampu, 5. mengembangkan tempat pariwisata kota pariaman, tutupnya.(h/tya)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top