Header Ads

jasa

Kapolres Solok Kota luncurkan buku “Membangun Zona Integritas"



Solok,canangnews – Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik.,M.H. meluncurkan buku berjudul “Membangun Zona Integritas : Tantangan Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat”.
Peluncuran buku tersebut diselenggarakan ketika acara syukuran atas prestasi Polres Solok Kota meraih penghargaan dari Kemenpan RB RI sebagai unit kerja berpredikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan pelayanan publik dengan kategori “Sangat Baik”, Kamis (20/12) di halaman Mapolres Solok Kota.
Di acara syukuran tersebut, Kapolres Solok Kota mengajak jajarannya untuk tidak lupa bersyukur atas prestasi yang telah diraih, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personelnya atas keikhlasan dan kegigihannya mewujudkan pembangunan ZI dan apresiasi atas dukungan stakeholder dan masyarakat yang telah mendukung upaya Polres Solok Kota dalam menghadirkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersih dan melayani.
AKBP Dony menggambarkan secara singkat, perjalanan dan perjuangan Polres Solok Kota dalam membangun ZI dan memotivasi stakeholder untuk ikut membangun ZI di unit kerjanya masing-masing dengan budaya melayani bukan dilayani.
Selanjutnya, Kapolres menginformasikan bahwa buku yang ia tulis tersebut didasari pada pengalaman jajaran Polres Solok Kota dalam membangun ZI menuju WBK.
“Sebagai bukti sejarah bahwa Polres Solok Kota pernah mencoba mencoba membangun ZI menuju WBK”, ucapnya.
Ditambahkannya, AKBP Dony menulis buku tersebut karena minimnya referensi baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk digital di internet yang dapat dijadikan bahan perbandingan dan inspirasi dalam membangun ZI. Padahal, setelah melalui tahapan pembangunan ZI, banyak informasi penting di luar petunjuk teknis yang seandainya dipubikasikan dapat menggugah dan menjadi bahan komparasi bagi unit kerja lainnnya untuk ikut membangun ZI.
“Buku setebal 135 halaman yang  diberi judul “Membangun Zona Integritas : Tantangan Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat” ini, terdiri dari 7 bab yang mengurai informasi mengenai latar belakang pembangunan ZI, konsep ZI, tips pembangunan ZI, tahapan pembangunan ZI, komponen pengungkit dan komponen hasil pembangunan ZI serta penutup”, bebernya.
Setelah menguraikan isi buku tersebut secara umum, Kapolres Solok Kota menyerahkan secara simbolis buku tersebut kepada Wakil Walikota Solok, Ketua DPRD Kota Solok, Ketua Pengadilan Kota Solok dan Dandim 0309 Solok.
Setelah penyerahan tumpeng dari Wakil Walikota Solok kepada Kapolres Solok Kota dan Ketua LKAAM Kota Solok kepada Wakapolres Solok Kota yang baru Kompol Budi Prayitno S.E.,M.H., Kapolres Solok Kota menyerahkan piagam penghargaan kepada Husnal Petra S.Pd (NR Advertising) yaitu masyarakat yang berjasa mendukung jajaran Polres Solok Kota dalam membangun ZI dengan membantu menyiapkan standar pelayanan, maklumat pelayanan dan pemenuhan persyaratan peningkatan kualitas pelayanan publik lainnya.
Acara yang berlangsung khidmat ini dilanjutkan dengan pisah sambut Wakapolres Solok Kota. Jajaran Polres Solok Kota melepas dengan haru Wakapolres Solok Kota yang lama Kompol Sumintak SH yang mendapat promosi menjadi Wakapolres Buktitinggi digantikan Kompol Budi Prayitno S.E., M.H.
“Sengaja saya undur pisah sambut Wakapolres Solok Kota, setelah Polres Solok Kota meraih penghargaan, untuk memberikan kesempatan kepada Kompol Sumintak berfoto bersama kita memegang piagam penghargaan ini dan ikut merasakan hasil dari perjuangannya yang dengan gigih mengawal perubahan dalam pembangunan ZI”, terangnya.
Kompol Sumintak dalam ungkapan perpisahannya, mengaku bangga dan bersyukur atas kerja sama dan kekompakan Polres Solok Kota dalam melaksanakan tugas demi memberikan yang terbaik bagi masyarakak.
“Begitu banyak kenangan yang tak mungkin bisa saya lupakan selama bertugas di Polres Solok Kota ini. Bapak Kapolres yang sangat bijaksana dan mengayomi serta jajaran yang berdedikasi, yang semuanya sudah selayaknya keluarga bagi saya. Begitupun seluruh mitra kerja. Saya berharap, perpisahan ini tidak turut mengakibatkan putusnya tali silaturahim kita”, ungkap Kompol Sumintak.
Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah S.T.,M.M mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Polres Solok Kota. Begitu pula Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can S.E., mengaku terharu dengan apa yang dicapai oleh Polres Solok Kota ini.
“Ini merupakan cambuk bagi kita dan Pemkot Solok, menyadarkan kita bahwa kita adalah pelayanan masyarakat yang harusnya melayani, bukan dilayani. Kita lembaga perwakilan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kota Solok harus mencontoh dan mendukung penuh Polres Solok Kota serta harus mampu juga menyuguhkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, ungkap Ketua DPRD.
Sementara, Ketua LKAAM H. Rusli Dt. Khatib Sulaiman dan Bundo Kanduang Kota Solok Milda Murniati S.Pd mengaku bangga atas perjuangan dan prestasi yang diraih Polres Solok Kota yang secara tidak langsung ikut mengangkat nama baik Kota Solok.
Kapolres  meminta dukungan kepada pimpinan instansi dan stakeholder untuk mengawal jajaran Polres Solok Kota mempertahankan predikat WBK dan tetap konsisten menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.(tri/wn)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.