Header Ads

jasa

Dinas PMD Kota Pariaman Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa



Pariaman,canangnews --- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur bagi Lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se Kota Pariaman yang bertempat di  Aula Pertemuan Ananda Kampung Pondok Pariaman Kamis (6/12).
Acara di buka secara resmi oleh Kadis DPMD Kota Pariaman, Effendi Jamal dan untuk pelatihan berlangsung dari tanggal  03 s/d 12 Desember 2018.
Dalam wawancaranya Effendi Jamal mengatakan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pembekalan ilmu kepada anggota  BPD yang baru sehingga semua anggota BPD bisa memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing dalam bekerja sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas kepemerintahan dan adanya peningkatan pelayanan Pemerintahan Desa kepada masyarakat.
Selain itu beliau juga mengatakan bahwa BPD memiliki peran yang sangat penting sebagai mitra pemerintah desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang transparan dan akuntabel.
“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini BPD bertambah bersemangat dalam menjalankan tugas dan wewenang bersama pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di desa”, ujarnya.
Pelatihan  ini diikuti oleh seluruh anggota BPD yang berjumlah 115 orang dari 55 desa yang ada di Kota Pariaman. Sedangkan untuk tahapan pelatihan dibagi menjadi  empat tahap .
Materi pelatihan diberikan langsung oleh Kepala DPMD, selain itu juga diundang narasumber dari Badan Keuangan Daerah, Bagian Hukum, dan Inspektorat Kota Pariaman.
Beliau berharap supaya semua peserta pelatihan agar dapat benar-benat mengimplementasikan pengetahuan yang telah di terima dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa dan dapat melaksanakan tugas mereka sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah di tetapkan guna menghindari terjadinya penyimpangan yang memiliki konsekuensi hukum, semoga semua anggota  BPD yang ada di Kota Pariaman ini lebih mengutamakan kepentingan publik dan tetap menjadi mitra yang baik untuk menjaga kebersamaan demi kemajuan desa.(h/man)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.