Header Ads

jasa

Bappeda kota Pariaman Gelar Lokakarya



Pariaman,canangnews --- Dalam rangka  menyamakan presepsi tentang konsep dan mekanisme BDC serta komitmen stakeholder dan keberlanjutan BDC, Pemko Pariaman melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Pariaman menggelar acara Lokakarya Business Development Center (BDC) Kota Pariaman Tahun 2018, di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (18/12)
Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti dalam sambutannya mengatakan bahwa program BDC memiliki sasaran pada pengembangan produk unggulan yang dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat.
"BDC hadir mempunyai fungsi memberikan layanan kepada kelompok usaha mikro kecil, dan menengah yang meliputi peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM),  manajemen usaha, akses keuangan maupun akses terhadap pasar baik itu pasar lokal, juga pasar Internasional", terangnya.
Lebih lanjut Indra menjelaskan bahwa BDC merupakan suatu jaringan kemitraan yang sinergis antara masyarakat yaitu BKM dan KSM dengan pemerintah Kota/Kabupaten dan pelaku bisnis serta kelompok peduli lainnya dalam rangka mengembangkan produk unggulan daerah.
"Oleh karena itu sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Pariaman, Pemko menyediakan dana pendamping berupa Bantuan Dana Operasional (BOP) yang dianggarkan setiap tahunnya", ucapnya.
Ia mengungkapkan pada tahun 2015 Kota Pariaman telah terpilih sebagai salah satu dari 15 Kabupaten/Kota didelapan provinsi pada wilayah I program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebagai Pilot Project BDC dengan nama BDC Angso Duo.
"Hampir dua tahun lebih program BDC hadir, masyarakat sudah mulai merasakan manfaatnya khususnya KSM binaan BDC Angso duo yang berjumlah 44 KSM bordiran dan sulaman", tambahnya.
Disamping itu lanjut Indra walaupun BDC Angso Duo berjalan dan berada pada tahap perkembangan tetapi masih mendapatkan berbagai keterbatasan yaitu pada aspek kelembagaan termasuk SDM dan aspek program (usaha) lembaga.
"Oleh karena itu kita berkumpul dalam rangka karya untuk menyamakan presepsi dan memberikan pemahaman tentang konsep, mekasisme dan keberlanjutan porgram BDC tahun 2019-2022 dan kami berharap agar seluruh OPD dan stakeholder terkait dapat mendukung kegiatan-kegiatan BDC dan memasarkan produk masyarakat serta melaksanakan pembinaan kepada masyarakat berpenghasilan rendah", pungkasnya mengakhiri.
Sementara Sekretaris BAPPEDA Kota Pariaman, Hidayat melaporkan acara tersebut diikuti oleh 130 orang peserta yang berasal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pariaman,  STIE Sumbar Kota Pariaman, Team Leader Offerside Consultan (OC2) Sumbar, Koordinator Kota Pariaman, Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Komite BDC Angso Duo, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).(ir/ira)



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.