Header Ads

jasa

Rajo Sampono: Muaro Anai Layak Jadi Arena Selaju Sampan


Tokoh Masyarakat Nagari Katapiang B Rky Rajo Sampono (kiri)

Batang Anai, CanangNews – Cabang Olahraga (Cabor) Dayung mungkin dapat disebut paling favorit pada arena Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XV yang berlangsung di Kabupaten Padang Pariaman, 19 s/d 28 November 2018. Indikasinya terlihat pada ribuan orang penonton yang memenuhi bantaran kanan-kiri Muara Sungai Batang Anai, Talao Mundam, Kenagarian Katapiang.

Melihat animo masyarakat yang sangat besar, Tokoh Masyarakat yang juga Raja Nagari Katapiang, Bahrum Rangkayo Rajo Sampono menyatakan, aliran sungai Muaro Anai sangat layak dijadikan lokasi iven selaju sampan atau olahraga dayung internasional.

“Arus yang tenang serta sungai yang cukup lebar sangat mendukung pelaksanaan olahraga dayung bertaraf internasional di kawasan ini,” kata Rajo Sampono di Muaro Anai, Selasa (20/11/2018). Muaro Anai berlokasi di sebelah kiri jalan masuk menuju Bandara Internasional Minangkabau.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Cabor Dayung Porprov XV Syahrul Dt Lung S Sos menyebutkan, cabor ini terdiri dari 35 nomor perlombaan untuk memperebutkan 35 medali emas. Peserta masing-masing nomor pun beragam, diikuti delapan hingga 16 kontingen.

Syahrul Dt Lung (kiri) bersama Hasan Basri SPdI (kanan)

Ketika ditanya berapa target perolehan medali emas yang mungkin diraih Kontingen Dayung Kabupaten Padang Pariaman, Dt Lung tampak menggeleng. “Target utama kita pada Porprov XV ini cukup menjadi penyelenggara plus peserta terbaik,” ujar Dt Lung yang didampingi panitia lainnya, Hasan Basri SPdI.

Keterbatasan sarana dan prasarana latihan, ulas Dt Lung, menjadi kendala utama para atlit Cabor Dayung Padang Pariaman belum mampu tampil maksimal. “Untuk keperluan pelaksanaan iven porprov ini saja kami terpaksa menyewa sarana yang dibutuhkan seperti perahu ke Kota Padang,” ujar dia.

Menjawab pertanyaan, Dt Lung mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) telah melakukan pengadaan beberapa unit perahu untuk keperluan cabor dayung, sayangnya tidak sesuai spek.

“Perahu-perahu tersebut teronggok tak bermanfaat,” cetus Dt Lung ke arah timur.

Wartawan CanangNews Zakirman Tanjung mengamati perahu-perahu yang teronggok di Bantaran Muaro Anai. (foto-foto Falsanar)

Hingga Selasa malam, kontingen tuan rumah yang turun totalitas pada 35 cabor telah berhasil meraup 14 medali emas, 10 perak dan 11 perunggu, disusul Kota Padang pada posisi kedua dengan 14 medali emas, 10 perak dan 8 perunggu. Selengkapnya >  http://porprov.padangpariamankab.go.id/medali/.

Porprov XV dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Gelanggang Olahraga Durian Nan Gadang – Bisati, Sungai Sariak, Senin (19/11/2018) dan akan berlangsung hingga Rabu (28/11/2018) pada 39 lokasi pertandingan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Padang Pariaman. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.