Ratusan Peserta Beradu Cepat dalam Kejuaraan Sepatu Roda di Pantai Cermin Pariaman

0

Pariaman,canangnews---- - 255 peserta ikuti Kejuaraan Terbuka Sepatu Roda se-Sumatera, memperebutkan Piala Istri Gubernur Sumatera Barat dan Piala Walikota Pariaman, di lapangan sepatu roda Pantai Cermin, Kota Pariaman, Sabtu (13/10).
Kejuaraan terbuka sepatu roda ini, dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar, Adib Alfikri, dan dihadiri langsung oleh istri Gubernur Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno, Walikota Pariaman Genius Umar, Utusan PERSEROSI Pusat dan daerah.
Peserta terdiri dari klub sepatu roda yang ada di Sumatera, seperti Medan, Palembang, Riau, Jambi dan seluruh pengurus cabang olahraga dan atlit sepatu roda yang ada di wilayah Sumatera Barat. Kejuaraan ini akan digelar selama 2 hari, 13-14 Oktober 2018, dengan 36 bentuk lomba yang dipertandingkan oleh Panitia.
Adib Alfikri mengungkapkan bahwa Kota Pariaman sangat beruntung, karena memiliki satu-satunya lapangan atau sirkuit sepatu roda yang representatif, dan lintasanya telah sesuai dengan standar nasional, sehingga kejuaraan sepatu roda ini dilaksanakan disini.
"Kedepan kami, pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama dengan Pemko Pariaman, akan merancang untuk dapat terus menggalakan kejuaraan sepatu roda ini di tahun-tahun mendatang," tuturnya.
Ia juga menambahkan seandainya kegiatan ini tidak masuk di DPA Dispora Sumbar, pihaknya akan menggandeng sponsor yang ada untuk menggelar kegiatan ini di tahun selanjutnya.
Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan Kota Pariaman berupaya secara konsisten untuk menjadi salah satu daerah di indonesia yang konsen dalam pengembangan destinasi wisata.
"Tidak hanya event tahunan saja yang kita gelar, tetapi moment seperti inipun, dapat menjadi sebuah ajang sport tourism untuk orang datang dan menginap di Kota Pariaman," tukasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bagaimana event sport tourism yang telah ada di Kota Pariaman, mulai dari Pariaman Internasional Triathlon yang bisa mendatangkan atlit dan peserta yang berasal dari 30 negara, Kejurnas Volly Pantai yang pesertanya dari seluruh indonesia, dan yang merupakan langganan adalah Tour de Singkarak (TdS) di mana untuk tahun 2018 ini, Kota Pariaman menjadi Grand Finish, penutup seluruh etape dan penyerahan pemenang.
"Selain itu, kami juga membangun kawasan pantai yang tematik untuk berolahaga di sepanjang Pantai Pariaman, mulai dari lapangan sepatu roda, lapangan bola kaki pantai, lapangan bola volly pantai, skatepark, track sepeda dan kawasan surfing, sehingga kita dapat mengakomodir seluruh keinginan pengunjung dan komunitas yang ada di Kota Pariaman," ujarnya.
Istri Gubernur Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif dari Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PORSEROSI) Provinsi Sumatera Barat, yang bekerja sama dengan PORSEROSI Kota Pariaman.
Ia juga menyebutkan bahwa Olahraga saat ini, bukan hanya untuk perlombaan atau kesehatan saja, tetapi telah menjadi gaya hidup, dan semakin lama tren olahraga telah menjadi sebuah kegiatan olahraga sambil wisata, atau yang kita kenal dengan Sport Tourism.
"Kita dapat melihat, bagaimana beberapa daerah di indonesia, dapat mengemas ivent olahraganya menjadi sebuah sport tourism yang menjadi daya tarik, baik bagi Atlit yang mengikutinya, maupun wisatawan yang khusus datang untuk melihat acara ini," tutupnya (man)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top