Header Ads

jasa

Muhammad Ikhwal SKep Wafat, Dinkes Padang Pariaman Berduka

Kadinkes Dokter Aspinuddin (berkacamata) melepas jenazah M Ikhwal di rumah duka

Ampalu, CanangNews – Seorang staf terbaik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman – Muhammad Ikhwal Sarjana Keperawatan (SKep) berpulang ke Rahmatullah, Jumat (19/10/2018) pagi. Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini menghembuskan napas terakhir di RSUP M Djamil, Kota Padang.

Kabar tersebut segera sampai ke institusi tempat Ikhwal mengabdi selama 30 tahun 7 bulan. Dinkes yang berkantor di Paritmalintang pun sontak dirundung duka. Rekan–rekan almarhum segera menuju ke rumah duka di Nagari Ampalu, Kecamatan VII Koto, tak terkecuali Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr H Aspinuddin.

Jenazah sampai di rumah duka sekitar pukul 12.30 WIB dengan mobil ambulans Puskesmas Pasar Usang. Tanpa menunggu lama, keluarga bersama masyarakat setempat langsung menyelenggarakan proses awal sebelum jenazah sebelum diantar menuju pemakaman.

Selanjutnya, pukul 15.15 WIB, jenazah dilepas Kadinkes Aspinuddin menuju pemakaman di kampung asalnya, Tabek Patah – Kabupaten Tanahdatar, diantar mobil ambulans Puskesmas Padang Sago serta didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Jasneli MARS.

Foto Almarhum Muhammad Ikhwal SKep semasa hidup

Pada kesempatan itu, Kadinkes Aspinuddin atas nama Bupati Padang Pariaman menyatakan duka dan ikut belasungkawa sedalam-dalamnya. Menurutnya, Ikhwal merupakan staf terbaik dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Bidang P2P sejak 31 Desember 2016.

Aspinuddin menyebutkan, Ikhwal diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) – Maret 1988 – segera setelah dia menamatkan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Juni 1987, ditempatkan sebagai mantri di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto. Tahun 2009, Ikhwal dipindah-tugaskan ke Dinkes.

Almarhum Ikhwal meninggalkan seorang isteri – Arna Juwita (Bidan An) yang bertugas di Puskesmas Ampalu – serta empat orang anak, dua putra, satu putri dan satu putra. Tiga anaknya masih kuliah dan si bungsu belajar di pesantren. 

Kepala Bidang P2P Dinkes dr Jasneli MARS yang dihubungi via ponsel menyebutkan, proses pemakaman jenazah Ikhwal yang berpangkat / golongan III/d itu selesai menjelang maghrib di Pandam Pusara Keluarga - Tabek Patah, Kabupaten Tanah Datar. 

"Setelah shalat maghrib di masjid terdekat, kami kembali pulang ke Kabupaten Padang Pariaman. Alhamdulillah... sudah sampai di rumah," ujar Jasneli yang akrab dengan sapaan Dokter J pukul 22.30 WIB. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.