Header Ads

jasa

Mengikuti Field Trip SMK PP Negeri Padang ke DI & DU Palembang

Catatan Fashinta R D’smiza 



PENGANTAR EDITOR
Guna melakukan pengenalan kepada aktivitas dunia industri (DI) dan dunia usaha (DU) terkait bidang studi yang mereka tekuni, sebanyak 62 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK PP) Negeri Padang – Provinsi Sumatera Barat – melakukan ‘field trip’ ke DI & DU Palembang – Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, Rabu – Sabtu 3 – 6 Oktober 2018, ini dipimpin Wakil Kepala SMK PP Padang bidang Kesiswaan, Suparjo SP MPd, plus tujuh guru pendamping.

Berikut kami turunkan laporan perjalanan yang ditulis Fashinta R D’smiza, siswi Kelas XII.1.1 ATPH SMK PP Padang, yang mengikuti ‘field trip’ tersebut.

***

SEBAGAI bagian dari program pembelajaran, kami – para siswa/i SMK PP Negeri Padang sepakat melakukan field trip ke SMK PP Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin – plus ke DI & DU di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan utama field trip adalah untuk memberikan pengalaman belajar nyata kepada kami para siswa/i. Meski demikian, ini bukan program wajib, itu sebabnya tidak semua siswa/i yang mengikuti.

Sebagai gambaran, siswa Kelas XII SMK PP Negeri Padang berjumlah 90 orang dengan tiga program studi: Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH), Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Agribisnis Pembenihan dan Kultur Jaringan (APKJ).

Kepala SMK PP Negeri Padang, Bu Susilawitri SP MPd, melepas keberangkatan kami

Kami berangkat dari sekolah, Rabu pagi, dengan menggunakan dua unit bus wisata eksekutif. Sesuai instruksi pimpinan perjalanan Suparjo SP MPd yang biasa kami sapa “Mr Jo”, peserta laki-laki dan perempuan berangkat dengan bus terpisah.

Bus I ditumpangi para siswa dengan guru pendamping Mr Jo, Pak Novri SPdI, Pak Riyan Fernandes SP MPd dan Pak Ampahmi SP MPd. Sedangkan bus 2 ditumpangi para siswi dengan guru pendamping Bu Vivi Veronica STP SPdI, Bu Mariani Nafis SP, Bu Nofriyenti SPd dan Ir Maryeti MP plus empat laki-laki: sopir 1 & 2, knek dan pemandu (guide).

Foto bersama usai audiensi di SMK PP Sembawa

Bismillahi majriiha wa mursaha... dari Kota Padang kami melewati Kota Solok terus ke Provinsi Jambi dan tiba di Kampus SMK PP Sembawa – Kabupaten Banyuasin – Kamis pukul 9 pagi. Perjalanan sangat menyenangkan meski ada di antara kami yang mengalami mabuk. Di dalam bus kami berdiskusi tentang rencana kegiatan di lokasi tujuan, diselang-selingi hiburan karaokean.

Kedatangan kami disambut oleh Kepala SMK PP Sembawa Ir Mattobi’i MP didampingi Wakil Kepala Sekolah, guru-guru dan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Selanjutnya tuan rumah mengarahkan kami menuju sejumlah kamar mandi untuk mandi pagi dan berganti pakaian, setelah itu menikmati sarapan pagi dan mengikuti sambutan selamat datang serta beramah-tamah di aula sekolah.

Mewakili rombongan, penulis menyerahkan cinderamata kepada Manajemen PT Sosro

Dari SMK PP Sembawa, kami menuju Balai Penelitian Tanaman Karet Sembawa. Di sini, selama satu jam, kami memperoleh paparan tentang seluk-beluk tanaman karet yang disampaikan petugasnya. Setelah itu kami menuju PT Sosro, menunaikan shalat dzuhur plus jama’ ashar di mushala perusahaan, kemudian melakukan pertemuan beberapa menit di auditorium, selanjutnya meninjau pabrik guna melihat proses produksi.

Usai mengunjungi PT Sosro kami melakukan wisata kota seperti melihat Jembatan Ampera dan mencari lokasi yang pas untuk berfoto-foto ria serta mengunjungi objek-objek wisata lain. Sekitar pukul 21.00 WIB kami menuju hotel untuk beristirahat.

Foto bersama usai audiensi di PT Pupuk Sriwijaya

Jumat pagi, usai sarapan, kami menuju PT Pupuk Sriwijaya. Di sini kami memperoleh banyak ilmu pengetahuan tentang proses pruduksi dan penggunaan pupuk untuk pertanian dan perkebunan.

Setelah shalat Jumat bagi peserta laki-laki dan shalat dzuhur plus jama’ ashar bagi peserta perempuan, kami meneruskan kegiatan wisata kota. Antara lain mengunjungi Gelanggang Olahraga (Gelora) Sriwijaya – Jakabaring tempat penyelenggaraan Asian Games XVIII.

Mengabadikan kenangan di Kota Palembang dengan latar Jembatan Ampera

Menjelang berangkat kembali ke Kota Padang, Jumat malam, kami mengunjungi pusat oleh-oleh khas Kota Palembang untuk membeli buah tangan seperti empek-empek.

Alhamdulillah... kami tiba kembali dengan selamat di Kampus SMK PP Negeri Padang, pukul 00.30 WIB dinihari Minggu 7 Oktober 2018. (***)


*) Penulis merupakan Sekretaris OSIS SMK PP Negeri Padang periode 2017/2018

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.