Header Ads

jasa

Kota Pariaman Raih Juara I Anugerah Peduli Wisata Award 2018

Pariaman,canangnews ---  Pariaman kembali menerima penghargaan. Kali ini dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat, kepada Walikota Pariaman, pada malam Penganugerahaan Peduli Wisata Award 2018, dimana penyerahan Piala diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani dan Piagam Penghargaan dari Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, kepada Walikota Pariaman Genius Umar, bertempat di Istana Bung Hatta, Sabtu malam (27/10).
Malam Anugerah Peduli Wisata Award 2018, juga bertepatan dengan Gala Diner Pemerintah Provinsi Sumbar dengan Kementerian Pariwisata RI, bersama peserta Seminar Nasional Pariwisata 4.O dan Minang Geopark Run, sekaligus peringatan 1 abad Institute Tekhnologi Bandung (ITB).
Penghargaan kali ini, adalah kali ke 3 Kota Pariaman menyabet sebagai yang terbaik pada kategori The Most Improved, sejak digelar tahun 2015 yang lalu.
Walikota Pariaman Genius Umar mengungkapkan hal ini sebagai bukti dari keseriusan Kota Pariaman dalam membenahi infrastruktur penunjang wisata di destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman dan semakin baiknya kesadaran masyarakat, terhadap isu pariwisata itu sendiri.
"Ini membuktikan bahwa kita Pemerintah Daerah sangat serius menggarap pariwisatanya, yang merupakan visi dan misi yang ada pada pemerintahan kami, baik yang lama, maupun yang sekarang", tuturnya.
Ia menambahkan bahwa penghargaan ini sebagai pemecut  bagi peningkatan kunjungan wisatawan yang melancong dan berekreasi ke Kota Pariaman, karena dengan begitu, perputaran ekonomi dan multi effect yang diimbulkannya, sangat baik bagi masyarakat dan daerah.
"Saat ini Pemerintah pusat juga sedang menjadikan Priwisata sebagai sumber pendapatan negara, ditambah dengan maraknya promosi dan evet yang diadakan, indonesia telah menjelma sebagai yang terbaik di Asia Tenggara", tukasnya.
Lebih lanjut ia memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, yang telah bekerja keras untuk dapat menjadi yang terbaik pada Anugerah Peduli Wisata Award 2018, kategori The Most Improved, mengalahkan Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.
Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani memaparkan tentang perlunya perhatian kepala daerah dalam mengemas dan menjadikan daerahnya sebagai sebuah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.
"Menurut data dari World Travel and Tourism Council (WTTC), indonesia berada di peringkat 9 dunia, nomor 3 di Asia dan nomor satu di Asia Tenggara. Dan indonesia tercatat sebagai negara yang perkembangan pariwisatanya tercepat di dunia, dimana peresentase Growth indonesia mencapai 22%, dimana untuk ASEAN saja hanya 7% dan Dunia berada di 6,4%", ulasnya.
Hal ini dibuktikan dengan tingginya anggaran APBN yang digelontorkan pemerintah pusat terhadap Kementrian Pariwisata RI, dimana formasi APBN tertinggi, ditujukan di bidang Pertanian, Pariwisata dan Perikanan.(H/ir)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.