Header Ads

jasa

Pesta Budaya Tabuik Ditabuh,Pagai Pawai Sorenya Ma - ambiak Tanah



Pariaman,Canangnews --- Ribuan pelajar Kota Pariaman, mulai dari tingkat SD -SMA sederajat, ikuti Pawai  Ta'aruf dalam rangka menyambut masuknya tahun baru islam, 1 Muharram 1440 H, tingkat Kota Pariaman, Selasa (11/9/2018).
Pawai ini dilepas langsung oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, didampingi istri Ny. Lucy Genius, Sekda Kota Pariaman Indra Sakti, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kanderi dan jajaran selaku panitia Pawai, Jajaran Kemenag Kota Pariaman serta para peserta pawai.
Genius Umar mengungkapkan 1 muharram adalah tahun barunya umat islam. Kota Pariaman yang notabene 99% berpenduduk muslim, merayakanya dengan menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakannya.
"Tahun baru islam harusnya kita sebagai umat muslim merayakanya dengan penuh suka cita, jadi tidak hanya tahun baru masehi saja yang kita rayakan dengan meriah, tetapi juga tahun baru islam," ujarnya.
Pawai Ta'aruf ini setiap tahun selalu digelar pemerintah Kota Pariaman dalam rangka mempererat ukhuwah islamiyah antara pemerintah dan masyarakat, juga diharapkan menjadi ajang syiar islam ke tengah-tengah masyayrakat.
"Pawai Ta'aaruf ini juga sebagai ajang ekpresi sukacita kita dalam memeriahkan datangnya tahun baru islam, yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan bernuansa islami, sehingga acara ini dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan tahun barunya umat muslim ini," tukasnya.;
Walikota Terpilih Kota Pariaman tahun 2018 ini juga mengharapkan kepada para peserta pawai agar dapat saling menjaga ketertiban dan berhati-hati selama diperjalanan dan yang utama mengutamakan keselamatan.
"Kita berharap dengan antusiasnya para anak-anak pelajar kita serta masyarakat yang menyaksikan pawai ini, kita berharap nuansa keislaman kita semakin kuat, sehingga masyarakat madani yang kita impikan dapat terwujud hendaknya di Kota Pariaman yang kita cintai ini," tutupnya.
Pawai ta'aruf ini, diikuti 120 sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA baik Negeri maupun swasta, ada yang menampilkan Marching Band, Gandang Tasa, Pakaian daerah, dengan start dimulai dari Halaman Balaikota Pariaman menuju Pantai Gandoriah.
Sorenya prosesi pesona Budaya Tabuik tahun 2018 "ma ambiak Tanah" mulai di tabuh,dimana anak nagari Pasa mengambil tanah di simpang Galombang dan anak nagari Subarang di Pauah Pariaman,prosesi  Tabuik mengambil Tanah merupakan  salah satu kegiatan ritual Tabuik,Koordinator  Pasa Firman Zuhri Darab mengatakan anak nagari pasa Pariaman sesuai dengan rapat bersama diama personil anak Tabuik Pasa berasal dari perwakilan kelurahan Kampung Perak,Kelurahan Pasir,kelurahan Lohong dan kelurahan karan Aur,kbutuhan tersebut merupakan salah satu kekuatan anak nagari Pasa Piaman dalam rangka menyukseskan pesona pesta Buadaya Tabuik tahun 2018.(H/ir/Riski)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.