Header Ads

jasa

Pembina Peternakan Terbaik, Bupati Ali Mukhni Raih Upsus Siwab Award

Doni Mahgusnar(kanan) ketika menerima hadiah 

Padang Pariaman, CanangNews – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Padang Pariaman telah selesai mengikuti acarara Livestock Expo tingkat Prov SPt insi Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Pesisir Selatan, 26 – 29 September 2018. Banyak prestasi yang mereka raih pada ajang tahunan ini.

Kepala Disnak Keswan Kabupaten Padang Pariaman Bustanil Arifin didampingi Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Zulkhailisman SPt MSi mengemukakan hal itu, Minggu (30/9/2018).

Piagam penghargaan Juara I Siwab Award 2018

Menurutnya, Livestock Expo 2018 merupakan kontes ternak tingkat provinsi yang bertujuan untuk mewujudkan Sumatera Barat sebagai wilayah sumber bibit. Disamping itu, livestock expo juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas peternakan sebagai bahan pangan.

Livestock Expo kali ini dilaksanakan selama 4 hari. Peserta kontes ternak adalah kabupaten / kota se-Sumbar dengan menampilkan ternak-ternak terbaik hasil binaan masing-masing. Selain itu, juga dilakukan berbagai macam perlombaan antar petugas serta pemberian penghargaan kepada pemerintah kabupaten / kota sebagai penyelenggara dan pembina terbaik dalam pelaksanaan program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

Piala yang diterima peraih prediket terbaik

Sebagai satu dari 19 kabupaten / kota peserta Livestock Expo 2018, lanjut Bustanil, berkat kerja keras semua pihak, Kabupaten Padang Pariaman mampu memperoleh berbagai prestasi.

Di antaranya Siwab Award yang merupakan penghargaan tertinggi atas pelaksanaan program Upsus Siwab dengan prestasi tertinggi selama 1 tahun berjalan dengan capaian 120 % untuk tingkat kelahiran, 138 % untuk pelaksanaan pemeriksaan kebuntingan dan 128 % untuk pelaksanaan IB (Kawin Suntik) dari target yang sudah ditetaplan.

Kadisnak Keswan Bustanil Arifin SP (tengah) foto bersama para juara

Dalam hal ini Bupati Padang Pariaman Drs H Ali Mukhni meraih prediket sebagai pembina Upsus Siwab terbaik.

“Berkat pembinaan intensif yang dilakukan Pak Bupati kepada kami, Disnak Keswan Padang Pariaman beserta jajaran mampu melaksanakan program Upsus Siwab sehingga kita dapat meraih Siwab Award sebagai penghargaan tertinggi. Maka Bupati Padang Pariaman dinobatkan sebagai Pembina Siwab Terbaik,” ujar Bustanil yang mewakili Bupati Ali Mukhni menerima penghargaan.

Kadisnak Keswan Bustanil Arifin SP sedang menuruni tangga usai menerima Siwab Award mewakili Bupati Ali Mukhni 

Penghargaan tertinggi itu didukung oleh banyak prestasi seperti Inseminator terbaik 1. Pelaksanaan inseminasi terbaik didapat oleh Petugas Inseminasi Buatan (IB) atas nama Doni Mahgusnar SPt setelah dilakukan penilaian kepada seluruh inseminator terbaik 19 kabupaten / kota se-Sumatera Barat.Doni bertugas di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga).

Selanjutnya, Pelaksana Pemeriksaan Kebuntingan (PPK) terbaik 1 tingkat provinsi Sumbar oleh PPK Padang Pariaman atas nama Edi Sutiyono yang bertugas di Kecamatan V Koto Timur.

Edi Sutiyono (kanan) ketika menerima hadiah 

Berikutnya Asisten Teknisi Reproduksi (ATR) terbaik 1 tingkat provinsi Sumbar diraih Drs H Yufrizal yang bertugas di Kecamatan Padang Sago atas usahanya dalam mewujudkan kesehatan reproduksi ternak. 

Kemudian Artikel terbaik 1 tingkat provinsi Sumbar terkait Program Upsus Siwab diraih oleh Panji Frianda SPt, staf Disnak Keswan Padang Pariaman – berjudul Upsus Siwab sebagai Upaya Strategis dalam Mendukung Investasi Bidang Peternakan di Sumatera Barat.


Drs H Yufrizal (kanan) ketika menerima hadiah 

Kepada para petugas terbaik, panitia memberikan piala,piagam dan sejumlah uang yang ditransfer ke rekening masing-masing.

Penilaian terhadap kegiatan tersebut dilakukan oleh Tim Penilai tingkat Provinsi sebelum pelaksanaan Livestock Expo 2018. Sedangkan selama kegiatan Livestock Expo 2018 berlangsung panitia juga melaksanakan sejumlah perlombaan.

Panji Frianda SPt (kanan) ketika menerima hadiah 

Dalam perlombaan ini, Tim Kabupaten Padang Pariaman pun meraih banyak prestasi. Antara lain juara pertama lomba kukur kelapa, juara 2 asah terampil, juara 2 kontes kerbau betina, harapan 2 kontes sapi PO betina, harapan 3 kontes sapi bali betina serta harapan 2 lomba nyanyi solo dan duet. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.