Header Ads

jasa

Asisten III Sekdakab Fakhriati: ASN Harus Paham Protokol Pelayanan


Asisten III Sekdakab) Padang Pariaman Fakhriati (kiri) didampingi Kabag Humas dan Protokol Andri Satria Masri (kanan)

Paritmalintang, CanangNews - Para petugas pelayan publik atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman harus memahami protokol atau mekanisme pelayanan.

Bupati Padang Pariaman diwakili Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman Fakhriati S Sos MM menegaskan hal itu ketika membuka kegiatan Workshop Protokoler yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokoler Setdakab di Aula Kantor Bupati – Paritmalintang, Rabu (8/8/2018). Dia mengharapkan workshop tersebut memberikan pencerahan baru bagi ASN.

Fakhriati yang akrab dengan sapaan Bu Yet itu menjelaskan, Pemkab Padang Pariaman akhir-akhir ini kerap mendapatkan kunjungan tamu dari berbagai daerah, dengan latar belakangang profesi jabatan yang berbeda. Untuk itulah pentingnya memperhatikan sikap dalam menyambut tamu tersebut.

"Bagaimana harusnya kita menyambut mereka dengan sebaik mungkin, sehingga dengan begitu bisa meninggalkan kesan baik pula bagi mereka," kata Fakhriati.

Sebab, lanjut dia, berdasarkan realitas yang ada, dirinya melihat tidak jarang petugas front office yang tidak mengetahui cara seharusnya melayani tamu dengan baik. Bahkan, menurutnya rasa sensitifitas petugas dalam menerima tamu masih tidak ada sama sekali.

"Makanya, ke depan hal inilah yang perlu lebih kita perhatikan lagi. Sehingga nantinya kita bisa menerima dan menyambut kedatangan tamu dengan sikap yang ramah dan baik," tegasnya.

Para peserta Workshop Protokoler terlibat aktif dalam berdiskusi

Untuk itu, dia meminta agar petugas front office harusnya bisa menerima kedatangan tamu dengan  sikap elegen dan terbuka, serta menampakan muka yang cerah dan ceria. Dengan begitu, diharapkan akan lahir anggapan yang baik terhadap layanan yang diberikan.

"Hal ini mestinya tidak hanya perlu diketahui oleh petugas front office saja, melainkan juga seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah – red) yang ada di lingkungan Pemkab Padang Pariaman," pintanya.

Dengan begitu akan timbul kesan yang baik terhadap pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat, termasuk tamu yang berkunjung ke masing-masing dinas kantor yang ada di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Padang Pariaman Andri Satria Masri SE ME melaporkan, kegiatan pelatihan atau workshop yang dilaksanakan pihaknya ditujukan untuk memberikan pembekalan dan pencerahan, sehingga meningkatnya wawasan para pesertanya dalam bidang keprotokolan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini nantinya para peserta bisa mengaplikasikan ilmunya secara langsung di lapangan. Sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan kinerja di lingkup wilayah kerja masing-masing," katanya.

Ditemui usai acara pembukaan workshop, Andri yang didampingi Kasubag Acara dan Protokol Baiq Nila Ulfaini S Sos MPA menambahkan, workshop tersebut sudah dilakukan dua kali dalam tahun 2018 ini. Sebelumnya, kegiatan tersebut melibatkan seluruh instansi pelayanan publik hingga ke tingkat nagari. Bahkan pihaknya turut menerima pihak ketiga atau di luar pemerintahan mengikuti workshop tersebut. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.