TPID Dorong Pembangunan Desa

0



Pariaman.canangnews – Dalam rangka mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) melakukan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) dan Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Aula Kantor Camat Pariaman Tengah, Rabu 25/07/2018. Program ini bertujuaan antara lain untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Desemrianto, Narasumber dari P3MD Hamidah sebagai Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TAPED) , Alizon sebagai Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Desa (TAPPD), Firman sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD), Kades, unsur BPD, tokoh masyarakat dan PKK sebagai perwakilan perempuan yang ada di enam desa di Kecamatan Pariaman Tengah.
Hamidah selaku narasumber mewakili P3MD mengatakan bahwa Program Inovasi Desa (PID) ini sangat membantu sekali bagi desa dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan dana desa. “Program yang digagas oleh Kemendes ini sangat bagus, karena dalam PID ini nantinya pemerintah desa dapat menciptakan inovasi-inovasi baru terhadap optimalisasi pengelolaan dana desa”, ungkap Hamidah.
Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Desa, Alizon juga menambahkan “dalam penerapan PID ini akan dibentuklah Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tingkat Kecamatan Pariaman Tengah agar dapat mendampingi program ini, setelah terbentuknya TPID kita akan memberikan pembekalan agar tim ini benar-benar dapat mendampingi program inovasi desa ini” ujarnya.
Sementara itu PLD Kecamatan Pariaman tengah, Firman juga berharap kepada kepala desa yang hadir, kedepannya melalui PID ini pengelolaan dana desa tidak hanya terfokus pada kegiatan infrastruktur saja akan tetapi juga di bidang pemberdayaan. Karena PID ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.
Dalam acara ini terbentuklah tujuh orang pengurus TPID Kecamatan Pariaman Tengah Tahun Anggaran 2018. (H/tya)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top