Mahasiswa KKN Unand Lakukan Cek Kesehatan Gratis

0



Pariamancanangnews  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) Padanglaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat lansia di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah. Kegiataan yang dilaksanakan selama dua hari 22-24 Juli tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unand.
Pemeriksaan kesehatan hari pertama bertempat di Kantor Kepala Desa Kampung Baru. 35 orang lansia yang diperiksa tersebut meliputi  cek gula darah, kolestrol, dan tensi. Sedangkan pada hari keduanya pemeriksaan untuk para pra lansia dan lansia sebanyak 31 orang. Sebelum pemeriksaan kesehatan, mahasiswa KKN tersebut menggelar senam kesehatan lansia dan senam diabetes di Lapangan Volly Perumnas Desa Kampung Baru. Untuk pemeriksaan selanjutnya mereka disarankan untuk datang ke puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan tindakan kesehatan lebih lanjut.
Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa tersebut sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Dan mereka juga datang ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Kampung Baru dari tingkat SD, SLTP sampai SLTA serta berbaur dengan masyarakat setempat. Kegiatan itu  diantaranya melakukan penyuluhan dan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang penanggulangan dan simulasi bencana gempa, bagaimana caranya bisa menulis kreatif puisi dan juga memberikan penyuluhan kesehatan dan juga melakukan gotong royong bersama masyarakat.
Kepala Desa Kampung Baru Mahyuddin Akang mengatakan bahwa sangat terbantu sekali dengan kehadiran mahasiswa KKN di desa yang dipimpinnya sekarang.
Dengan kedatangan mahasiswa tersebut hendaknya ada manfaat yang di dapat oleh mahasiswadan masyarakat, terutama bagi mahasiswa dapat mempraktekan ilmu akademik yang mereka pelajari di kampus, ungkapnya.
Dan kami juga  berharap dengan kehadiran mahasiswa tersebut dapat membantu masyarakatsetempat dalam meningkatkan kesejahteraan dan menambah ilmu pengetahuan mereka baik itu dalam bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, peternakan, hukum dan yang lainnya”, tuturnya.
Sementara itu salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran, Regi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kades beserta perangkat desa lainnya juga masyarakat yang telah mau menerima mereka sebagai mahasiswa yang sedang menjalankan tugas kuliah.
“Sebagai anak muda kami mempunyai banyak kekurangan terutama pengalaman terjun ke masyarakat, sehingga kami berharap masyarakat mau membantu kami dalam menjalani masa KKN ini hingga selesai dan juga semoga bisa terjalin silaturrahmi yang baik dan menambah rasa persaudaraan, dengan masyarakat yang ada di Desa Kampung Baru ini”, imbuhnya.


Jumlah mahasiswa KKN Unand di Desa Kampung Baru sebanyak 26 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan dari total 176 orang mahasiswa KKN yang ada di Kota Pariaman. 176 orang tersebut menyebar di empat kecamatan dan tujuh desa. Di Kecamatan Pariaman utara yaitu Desa Cubadak Air Utara, Desa Tungkal Selatan. Kecamatan Pariaman Selatan yaitu Desa Pungung Lading, Desa Batang Tajongkek dan Desa Sikabu. Kecamatan Pariaman Timur yaitu Desa Kampung Tangah serta Kecamatan Pariaman Tengah di Desa Kampung Baru. Masa KKN berlangsungdari tanggal 28 Juni sampai dengan 08 Agustus 2018. (H/tya)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top