Polres Pariaman Gandeng Padang Pariaman dan Kota Pariaman Gelar Apel 3 Pilar

0




Pariaman,canangnews---Kepolisian Resort Pariaman  menggelar Apel Kebangsaan Tiga Pilar yang terdiri  Bhabinkamtibmas,  Babinsa, Wali Nagari dan Kepala Desa/Lurah di Halaman Balaikota Pariaman dalam rangka Antisipasi Terorisme, Radikalisme dan Agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019 di Wilayah Hukum Polres Pariaman,  Senin (4/6).

Kegiatan Apel dipimpin oleh Kapolres Pariaman AKBP. Andry Kurniawan dengan Komandan Apel adalah Ipda Rinto Alwi dan peserta Upacara dari Anggota Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, ASN Pemko Pariaman, Wali Nagari dan Kepala Desa/Lurah, Dubalang Desa.

Hadir Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah. Ketua MUI Kota Pariaman Syofian Jamal, Kakenmenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Kakenmenag Padang Pariaman Helmi, Perwakilan Kejaksaan, Pimpinan BUMN dan BUMD dan Kepala OPD Pemko Pariaman.

Dalam pidatonya, Kapolres Pariaman AKBP. Andry Kurniawan  menjelaskan tahun 2018 - 2019 merupakan tahun perhelatan pesta demokrasi, TNI dan Polri serta jajaran pemerintah daerah harus mengawal pengamanan Pilkada termasuk mendeteksi kerawanan serius sejak dini. Bukan hanya itu,  ia juga berharap agar aksi terorisme selama ini harus disikapi dan berupaya untuk mencegah melalui tiga pilar ini.

Disamping itu, sambung Kapolres, perkembangan situasi global yang ditandai dengan meningkatnya spektrum ancaman terhadap Kamtibmas berupa teror bom di sejumlah tempat peribadatan, pusat keramaian, perkantoran dan penyerangan bersenjata terhadap aparat oleh sekelompok OTK yang telah banyak menimbulkan korban jiwa dan harta benda, juga perlu kita waspadai bersama.

Maka dengan itu, sambung Kapolres dengan tujuan untuk menyatukan visi dan misi dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yg kokoh dan mantap di Kota Pariaman Dan Kabupaten Padang Pariaman, dan unsur 3 pilar ini merupakan ujung tombak dan representasi negara di tengah-tengah masyarakat sebagai basis deteksi dini terhadap seluruh dinamika kehidupan dan permasalahan yang ada di masyarakat.
Wako Mukhlis Rahman memberikan apresiasi yang tinggi terhadap apel ini, karena dinilai sangat penting sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dan upaya untuk mewujudman sinergitas yang solid untuk mencegah terorisme, narkoba dan gangguan keamanan menjelang Pilkada serentak.

Ia mengatakan masalah keamanan lingkungan dan daerah bukan hanya tugas aparat keamanan namun juga tugas seluruh masyarakat. "Tiga pilar ini harus bekerja profesional untuk mencegah dan mendeteksi dini gangguan baik dari dalam maupun dari luar.

Sementara pernyataan sikap yang disampaikan dalam apel ini adalah  siap mengamankan dan mensukseskan pilkada serentak 2018 secara aman dan damai, mensosialisasikan kepada masyarakat menolak paham radikalisme dan aksi terorisme, dan menolak segala bentuk berita bohong atau hoax  yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berlatar belakang suku,  agama,  ras dan antar golongan berperan aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mendukung aparat pemerintahan dan keamanan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.(H/tya)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top