Header Ads

jasa

Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Perlu Perhatian Serius


Kadinkes Aspinuddin (tengah) didampingi Kabid P2P Jasneli (kanan)

Lubuk Alung, CanangNews – Kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) meningkat secara pesat. Dalam hal ini terdapat 4 (empat) PTM utama, yakni jantung, kanker, paru kronis dan diabetes. Karena penyakit ini merupakan masalah serius yang harus mendapatkan prioritas pengendalian.

Informasi tersebut terungkap dalam sosialisasi sebagai rangkaian akhir kegiatan deteksi dini faktor risiko PTM, Rabu – Jumat (6 – 8/6/2018). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) itu dibuka Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin – berlangsung di aula sebuah hotel di Lubuk Alung.

Ketika memberi pengarahan, Kadinkes Aspinuddin meminta peserta sosialisasi meneruskan pengetahuan yang mereka terima dari narasumber mengingat tema yang dibahas sangat penting. Menurutnya, walaupun tidak menular, penyakit-penyakit seperti jantung, kanker, paru kronis dan diabetes harus diwaspadai secara serius.

“Masyarakat kita, khususnya di Kabupaten Padang Pariaman, cendrung sangat suka mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi, sebaliknya kurang suka mengonsumsi sayur dan buah. Ini menjadi ancaman sewaktu-waktu terkena serangan jantung, kanker atau diabetes,” ujar Aspinuddin.

Sebelumnya, Kepala Bidang P2P dr Jasneli MARS melaporkan, kegiatan yang didanai Dinkes Provinsi ini berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama dan kedua berupa deteksi dini PTM warga berusia 15 S/D 59 tahun dan skrinning kesehatan bagi para manula dengan peserta berkisar 200 orang. Sedangkan hari ketiga sosialisasi dengan peserta 30 orang dan narasumber dari Dinkes Provinsi dan Kabupaten. (ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.