Header Ads

jasa

Tak Henti Berinovasi, Dinkes Bakal Luncurkan Program Sabermas


Kadinkes Aspinuddin (kanan) mendampingi Meskes Nila meninjau Posko PSC 119

Parikmalintang, CanangNews – Selalu melakukan terobosan dan mewujudkan pelayanan prima untuk peningkatan kesehatan masyarakat merupakan ciri khas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman. Di bawah kepemimpinan Dokter Haji Aspinuddin sejak Juni 2014, jajaran dinkes ini tak henti berinovasi.

Inovasi awal yang dilakukan Aspinuddin bersama jajaran dinkes yang dikepalainya adalah Program Padang Pariaman Sehat. Program ini mewajibkan semua bidan desa (korong / nagari – red) melakukan pemantauan kesehatan warga setiap hari dari rumah ke rumah di wilayah kerja masing-masing.

Kadinkes Aspinuddin mendampingi Meskes Nila memberikan keterangan pers

“Jika menemukan ada warga yang menderita sakit, si bidan langsung memberikan layanan medis di rumah warga tersebut. Kalau tak memungkinkan, langsung merujuk ke puskesmas atau rumah sakit. Sekiranya warga dimaksud dari keluarga miskin, bidan bersama pimpinan puskesmas mencarikan bantuan biaya ke Badan Amil Zakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aspinuddin kepada Wartawan CanangNews, Rabu (23/5/2018).

Program Papa Sehat yang di-launching Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita SpM (K) di Kantor Bupati – Parikmalintang, Februari 2015, ulas Aspinuddin, hingga kini masih berlangsung dan menjadi agenda wajib semua bidan setiap hari.

Kadinkes Aspinuddin santai sejenak bersama staf

Tak hanya Papa Sehat, Aspinuddin bersama jajaran dinkes pun menggagas rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang kawasan tanpa rokok (KTR). Ranperda ini membutuhkan waktu hingga tiga tahun sebelum disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Pariaman menjadi Perda Nomor 4 tahun 2017 dan disepakati mulai berlaku setelah 2 (dua) tahun terhitung sejak  diundangkan.

Selanjutnya, mulai tahun 2016, Aspinuddin bersama jajaran dinkes mulai menyiapkan program layanan Public Service Centre (PSC) 119 Papa Tangkas Gada (Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat-Darurat). Program ini kemudian ia presentasikan di depan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam kunjungannya ke Kantor Bupati – Parikmalintang, Jumat (28/4/2017) -- http://www.canangnews.com/2017/04/menteri-panrb-ri-apresiasi-inovasi.html.

Kadinkes Aspinuddin salam kompak usai penandatanganan perjanjian kerjasama dengan kepolisian  

Terhitung sejak awal Januari 2018, PSC 119 Papa Tangkas Gada mulai beroperasi secara penuh. Namun, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof Dr dr Nila Djuwita SpM(K) baru berkesempatan meresmikan (launching) PSC 119 Papa Tangkas Gada ini dalam kunjungannya ke Dinkes & Posko PSC 119, Sabtu 5 Mei 2018 --  http://www.canangnews.com/2018/05/launching-psc-119-menkes-ri-nyatakan.html.  

Meski demikian, Aspinuddin mengaku tidak merasa puas dengan sederet inovasi yang telah dihasilkannya dan dinikmati masyarakat. “Pelayanan bidang kesehatan itu cakupannya sangat luas, Pak Zast. Masih banyak hal lagi yang harus kita lakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” cetus dia.

Kadinkes Aspinuddin menyerahkan bantuan pemkab saat memimpin Tim Safari Ramadhan

Saat ini, Aspinuddin bersama jajaran dinkes yang dikepalainya sedang menyiapkan inovasi berikutnya dengan nama Satu Hari Bersama Masyarakat (Sabermas). Dengan program ini, lanjut dia, jajaran dinkes akan turun ke nagari tertentu untuk memberikan pelayanan semua jenis kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

“Dengan Sabermas, Tim Dinkes menangani semua permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat nagari yang dituju dan harus tuntas pada hari itu. Artinya, ketika Tim Sabermas pulang tak ada lagi permasalahan kesehatan masyarakat di nagari itu. Kami juga mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain seperti bidang administrasi kependudukan, perizinan dan pertanian,” papar Aspinuddin.

Sesuai rencana, Program Sabermas akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan kalau perlu tim bermalam di nagari itu hingga Minggu pagi. “Inshaa Allah, kami akan mulai melaksanakan program percontohan bulan Juli atau selepas Idul Fitri depan. Selanjutnya, akan kami ajukan anggarannya pada tahun 2019,” ulas dia.

Kadinkes Aspinuddin menunjukkan figura di depan ruangan kerjanya

Kepada Wartawan CanangNews, Aspinuddin pun menjelaskan polanya dalam membangun tim kerja yang solid di Dinkes Padang Pariaman. Antara lain dengan menata dua aula (ruang pertemuan) – Hippocrates dan Ibnu Sina – yang bisa disatukan dengan membuka pembatas serta ruangan-ruangan kerja dengan penataan yang nyaman dan indah.

“Saya juga mengajak semua jajaran dinkes mengabdi sepenuh hati. Seperti Anda lihat, ajakan itu saya pajang di depan ruang kerja berupa pigura besar: Jadikan Pekerjaan Sebagai Hobby, Jangan Jadikan Sebagai Beban serta Tak Ada Seorang pun yang Mencapai Kesuksesannya Tanpa Melalui Kerja Keras. (Zakirman Tanjung)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.