Header Ads

jasa

Sambut Ramadhan, Masyarakat Padang Pariaman Canangkan Gerakan Thaharah Serentak



Ulakan, CanangNews - Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat Kabupaten Padang Pariaman mencanangkan Gerakan Thaharah serentak. Acara ini digagas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Dr H Helmi MAg yang dipusatkan di Masjid Agung Syekh Burhannudin Ulakan, Minggu (13/5/2018) dan seterusnya dilakukan masyarakat luas di setiap kecamatan serentak oleh jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Suhatri Bur SE MM. Dalam arahannya Wakil Bupati mengatakan sangat tepat dilakukan apalagi kita beberapa hari lagi akan menjalankan dan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H.

Thaharah merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT kepada hamba sebelum melakukan ibadah yang lain. Thaharah hanya dilakukan dengan sesuatu yang suci dan dapat menyucikan. Thaharah juga menunjukan bahwa sesungguhnya Islam sangat menghargai kesucian dan kebersihan sehingga diwajibkan kepada setiap muslim untuk senantiasa menjaga kesucian dirinya, hartanya serta lingkungannya. 

Menjelang Bulan suci Ramadhan tiba,kegiatan ini tepat dijadikan ajang bersilahtirahmi  dan bergoro bersama membersihkan masjid dan surau ditempat kita masing-masing.

Banyak hal yang disampaikan Suhatri Bur dalam arahannya terkait tatacara mensucikan diri dalam memyambut bulan suci Ramadhan tahun 1439 Hijriah nantinya.

Sebelumnya Kakan Kemenag Dr H Helmi MAg melaporkan, kegiatan ini dilakukan serentak di Kabupaten Padang Pariaman. Thaharah merupakan miftah (alat pembuka) pintu untuk memasuki ibadah shalat. Tanpa thaharah pintu tersebut tidak akan terbuka. artinya tanpa thaharah, ibadah shalat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, tidak sah.

“Karena fungsinya sebagai alat pembuka pintu shalat, maka setiap muslim yang akan melakukan shalat tidak saja harus mengerti thaharah melainkan juga harus mengetahui dan terampil melaksanakannya sehingga thaharahnya itu sendiri terhitung sah menurut ajaran ibadah syar’iah,” papar Helmi.

Pengertian Thaharah


Definisi Thaharah terbagi menjadi dua, yaitu menurut bahasa dan menurut istilah. Menurut bahasa, thaharah berarti bersih atau membersihkan diri dari kotoran, baik itu kotoran yang berwujud maupun kotoran yang tidak berwujud.

Sedangkan pengertian thaharah secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis dan kotoran menggunakan air atau penggantih air (tanah) yang bersih sesuai ajaran Islam. Hadats, najis dan kotoran yang dimaksud yang dapat membuat tidak sahnya ibadah seperti shalat dan ibadah lainnya. 

Secara umum, pengertian thaharah atau bersuci yaitu membersihkan diri dari kotoran dan najis yang dapat mencegah sahnya shalat, baik najis atau kotoran yang menempel di badan, maupun yang ada pada pakaian, atau tempat ibadah seorang muslim.

Macam Macam Thaharah

Secara umum, pembagian thaharah dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu thaharah ma'nawiyah dan thaharah nissiyah. Thaharah ma'nawiyah meliputi thaharah hati atau rohani, sedangkan thaharah nissiyah meliputi thaharah badan atau jasmani.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.