Header Ads

jasa

Peran Protokoler Sangat Penting untuk Kelancaran dan Ketertiban Acara



Parikmalintang, CanangNews – Protokol tidak hanya berperan sebatas pembawa acara atau MC (Master of Ceremony – red). Lebih dari itu, protokol juga berperan sangat penting dalam mengatur kelancaran dan ketertiban suatu acara.

Wakil Bupati Suhatri Bur SE MM mengemukakan hal itu sewaktu membuka kegiatan Workshop Keprotokolan yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, Rabu – Jumat (2 – 4/5/2018) di Aula Kantor Bupati – Parikmalintang.

Ia pun menceritakan pengalaman pernah menghadiri suatu acara yang mungkin kurang terkoordinir dengan baik, berisi sambutan yang panjang-panjang, waktunya molor berjam-jam dan urutan penghormatan serta pemberian sambutan tidak tepat. Tentu protokol gagal dalam hal tersebut.

Menurut dia, seorang protokol juga perlu punya etika dan penampilan yang baik. “Tentu kalau ada MC wajah dan penampilannya menarik kita akan senang melihatnya. Walau senang melihat bukan berarti ingin memiliki,” kilahnya.

Oleh karena itu, Suhatri Bur mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman hendaknya bisa menjadi protokol bagi diri sendiri dan instansi masing-masing. “Dengan demikian, setiap ada acara atau kunjungan pejabat negara, Saudara yang sudah mendapatkan ilmu dan pelatihan tentang protokol bisa dengan mudah melaksanakannya.”

Protokol hendaknya memperhatikan etika dan pelayanan yang baik – tidak hanya kepada pimpinan atau pejabat negara, tetapi juga kepada masyarakat. “Bila seluruh ASN yang memperoleh pelatihan protokol ini menjadi aparatur yang melayani dengan baik, inshaa Allah citra kita sebagai pelayan publik juga akan meningkat,” ujar Suhatri Bur.

Sebelumnya Kepala Bagian Humas dan Protokol Andri Satria SE ME melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Pemkab Padang Pariaman dalam hal keprotokolan dan MC, manajemen SDM dan Etika kepribadian serta public speaking. Selain itu juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara protokol Kabupaten Padang Pariaman dengan protokol Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Peserta kegiatan bertema Sukses Protokol, Sukses Acara” ini berjumlah 60 orang peserta. Mereka terdiri dari ASN dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan instansi vertikal se-Kabupaten Padang Pariaman serta peserta tamu dari Bagian Humas dan Protokol Kabupaten / Kota se- Provinsi Sumatera Barat,” papar Andri.

Sedangkan narasumber workshop antara lain Elita Gafar (MC Senior dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI) yang menyajikan dua materi: Etika dan Kepribadian serta Keprotokolan dan Ruang Lingkup MC, Dr Agus Fatoni MSi (Kepala Biro Umum Administrasi Pimpinan pada Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI dengan materi Kedudukan Protokol bagi Pejabat dan Tokoh Masyarakat di Daerah dan Tata Cara Penyelenggaraan Acara serta Enim Yasmi S Sos (Kasubag Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan materi Pengayaan plus Penilaian Protokol / MC. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.