Header Ads

jasa

Pembina Pramuka Agar Jadi Panutan di Tengah Masyarakat


Wakil Bupati Suhatri Bur memasangkan tanda peserta TOT

Pariaman, CanangNews – Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 63 tahun 2014, pendidikan kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan tenaga pembina/ guru pramuka yang terdidik, terlatih serta memiliki kompetensi dan lisensi.

Menyikapi hal itu, Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan kegiatan Training  of Trainer (TOT) tahun 2018 bagi pembina / guru pramuka yang berbasis di sekolah / gugus depan SD, MI, SMP,MTs, SMA, SMK, MA negeri dan swasta dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Aula Gedung Saiyo Sakato Pariaman, Kamis (10/5/2018), dihadiri oleh Ketua Harian Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman Dewiwarman SH MH dan segenap pengurus lainnya.

Dalam kata sambutannya, Suhatri Bur mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan setiap tahun guna melakukan pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia bagi trainer / pelatih kepramukaan di gugus depan / sekolah-sekolah.

Tujuannya, lanjut dia, supaya dapat menumbuh-kembangkan anggota pramuka Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki kepribadian, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa.

Kepada pesertaTOT, Wakil Bupati mengingatkan, setelah pelatihan agar menerapkan / mentransfer  ilmu dan ketrampilan yang didapat dalam training ini di sekolah masing masing. Selain itu, supaya dapat jadi panutan,  baik bagi adik-adik binaannya maupun dalam kehidupan di tengah tengah masyarakat.

Terakhir, dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Suhatri Bur mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman dan segenap unsur panitia atas terlaksananya acara ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelasana Kegiatan TOT Pembina Pramuka Azmar Risal AMd melaporkan, pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan pembina / guru pramuka di sekolah-sekolah / gugus depan di Kabupaten Padang Pariaman, sesuai dengan Undang –undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Permendikbud nomor 63 tahun 2014.

“Jumlah peserta sebanyak 128 trainer yang merupakan guru-guru / pembina pramuka tingkat sekolah dasar dan tingkat menengah. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Pusdiklatcab Cakrabuna Kwarcab Padang Pariaman selama 4 hari, Kamis - Minggu 10 – 13 Mei 2018,” ujar Azmar Risal alis Jo Chan. (Suindra / ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.