Jadi Isu Nasional, Tarok City Menarik Minat Investor

0
Bupati Ali Mukhni menerima sesisir pisang dari masyarakat saat meninjau Kawasan Tarok City

Kapalo Hilalang, CanangNews – Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengatakan, pada tahun ini telah dianggarkan dana Rp20 milyar untuk peningkatan jalan di kawasan Tarok City. Pembangunan jalan tersebut sebagai bentuk komitmen daerah dalam percepatan infrastruktur pendidikan terpadu.

"Tarok City sudah menjadi isu nasional. Sudah banyak dikunjungi oleh menteri maupun pejabat pusat. Bahkan kami telah melaporkan kepada Pak Presiden ketika kunjungan kerja beberapa waktu lalu," kata Bupati Ali Mukhni saat meninjau pembangunan jalan di Tarok City, Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Rabu (23/5/2018).

Dengan adanya pengerasan jalan, lanjut Ali Mukhni, akan menambah daya tarik bagi investor atau masyarakat yang ingin berinvestasi di Tarok City. Saat ini saja harga tanah yang semula hanya Rp35 ribu / meter persegi sudah ada yang mencapai 150 – 250 ribu rupiah permeter persegi.

"Sekarang saja tren harga tanah sudah naik. Apalagi kalau sudah diaspal tentu bisa-bisa (harga tanah) melambung tinggi," kata pria yang digadang-gadang menjadi Gubernur Sumbar mendatang.

Dari segi ekonomi, tambahnya, akan terjadi perputaran uang yang sangat besar di kawasan Kayutanam dan sekitarnya. Tumbuh juga ekonomi kreatif yang baik sektor jasa, home industri maupun perumahan. 

"Diperkirakan uang beredar bisa milyaran rupiah perhari apabila kampus-kampus sudah berdiri. Takkan ada lagi lahan tidur di sini, semuanya sudah menjadi ladang bisnis. Percayalah," ulas Ali Mukhni yang dijuluki Bapak Pembangunan Padang Pariaman itu.

Di sisi lain, masyarakat menyambut antusias dimulainya pembangunan akses jalan masuk menuju kawasan Tarok City. Jalan selebar 75 meter dengan panjang sekitar 3,3 km itu juga dilengkapi dengan saluran drainase kiri dan kanan. Daerah yang dulunya hutan belantara nantinya akan menjadi kota metropolitan. 

"Sungguh besar jasa Pak Ali Mukhni di nagari kami. Tarok menjadi harapan baru ekonomi masyarakat" kata Eddy (50 tahun), warga setempat.

Dikatakannya, dengan adanya pembangunan Tarok City, akan menjadikan Nagari Kapalo Hilalang semakin ramai. Banyak perantau yang mendukung dan mengajak masyarakat turut serta mendukung program nasional itu.

Sebagaimana diketahui, di Kawasan Terpadu Tarok City akan dibangun kampus, rumah sakit serta badan pendidikan dan pelatihan (badiklat). Di antaranya Universitas Negeri Padang (UNP), Politeknik Negeri Padang, Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Islam Negeri (UIN), Rumah Sakit Vertikal serta Badan Diklat Lembaga Administrasi Negara.

Kawasan seluas 697 hektar tersebut berada di sisi kiri Jalan Negara Padang – Bukittinggi yang dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (H/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top