Suhatri Bur: Banggakan Budaya Lokal, Cintai Budaya Bangsa

0

Wakil Bupati Suhatri Bur saat membuka kegiatan Sinergitas Publikasi Pelestarian Cagar Budaya 

Balah Aie, CanangNews – Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka kegiatan Sinergitas Publikasi Pelestarian Cagar Budaya di Gelanggang Pacuan Kuda Balah Air, Kecamatan VII Koto, Senin (16/4/2018). Iven itu dihelat Balai Pelestarian Cagar Budaya yang membawahi Provinsi Sumbar, Riau dan Kepri bekerjasama dengan Pemkab Padang Pariaman. Balai ini berkedudukan di Batusangkar, Sumbar.

“Ini merupakan jalan untuk anak-anak kita dalam mengajarkan agar bangga dengan budaya lokal, mencintai budaya bangsa serta tak terpengaruh budaya luar yang kurang elok,” kata Suhatri Bur dalam kata sambutannya.

Sementara Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hari Widianto menandaskan, anak muda Indonesia harus bangga dengan budaya daerah dan bangsa  yang diwariskan leluhur dengan mengimplementasikannya dalam setiap sendi kehidupan.

Dalam kegiatan bertajuk Merajut Potensi Membangun Negeri  ini lebih jauh dikatakan Hari Widianto, kita tidak boleh berhenti untuk menggali potensi yang ada untuk memajukan daerah dan bangsa kita menggunakan budaya asli yang selanjutnya diwariskan kepada generasi berikut.

Wakil Bupati Suhatri Bur disambut dengan tari gelombang 

“Untuk hal ini kita tidak meragukan lagi Sumatera Barat lewat budaya Minangkabau yang terkenal menganut sistim matrilineal (persaudaraan berdasarkan garis keturunan ibu) yang islami, serta rumah gadang sebagai tempat memecahkan setiap persoalan,” tukuknya di hadapan sejumlah pimpinan OPD Padang Pariaman, para kepala sekolah, tokoh masyarakat dan pemangku adat.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Nurmatias menyebutkan, perhelatan yang dibentang pada 16-19 April ini menampilkan banyak kegiatan. Di antaranya dialog, pameran, sosialisasi cagar budaya, pemuaran film berkeliling dan pementasan seni yang dimainkan anak nagari seperti silat tradisional, indang, randai dan sejenisnya. (Ikhlas)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top