Idarussalam: Manfaatkan Masjid sebagai Pusat Aktivitas Masyarakat

0

Asisten I Idarussalam menandatangani prasasti peresmian masjid

Sunua, CanangNews – Bupati Padang Pariaman diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Drs Idarussalam meresmikan – sekaligus mengukuhkan Imam, Khatib dan Pengurus – Masjid Baitul Iman Korong Pautan Kabau, Nagari Sunur, Kecamatan Nan Sabarih, Jumat (20/4/2018). Kegiatan itu dihadiri juga oleh Camat Nan Sabaris, Kapolsek, Danramil, KUA, Walinagari serta niniak-mamak, cadiak-pandai dan ‘alim-‘ulama.

Pada kesempatan itu, Iddarussalam mengemukakan, peresmian Pengurus Masjid hendaknya jangan sebagai simbol saja, melainkan berupa panggilan kepada masyarakat untuk meramaikan masjid, minimal setiap 5 waktu shalat.

"Mari kita ramaikan masjid ini tidak hanya dalam melaksanakan shalat Jumat,  tetapi setiap shalat 5 waktu. Kemudian, selain sebagai tempat ibadah, masjid hendaknya dimanfaatkan sebagai pusat aktifitas masyarakat dan pendidikan," ulasnya.

Jika perlu, lanjut Idarussalam, jadikan masjid sebagai pusat kegiatan produktif seperti koperasi.

Sebelumnya, Walinagari Sunua – Basra – melaporkan, setelah pemekaran Nagari (induk) Sunua sekarang hanya memiliki 4 korong. Sebelum di pecah menjadi Nagari Sunur barat dan Tengah, jumlah korong sebanyak 13.

Sedangkan Ketua Panitia Acara – Marjoni – mengatakan, Masjid Baitul Iman yang diresmikan sekarang, sebelumnya adalah sebuah surau / mushalla.

"Rumah ibadah ini merupakan satu yang tertua di Nagari Sunua yang didirikan pertama kali tahun 1918 kemudian pada 2009 pernah roboh oleh gempa," tutur Joni.

Pasca gempa, ulasnya, dilakukan pembangunan kembali dengan peletakkan batu pertamanya pada th 2011 oleh Bupati Ali Mukhni.

"Awal pembangunan masjid ini ketika itu dana yang tersedia hanya sekitar Rp35 juta. Alhamdulillah... hingga saat ini pembangunan masjid telah menelan dana hampir Rp2 milyar," terangnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah merelakan tanahnya dipakai sebagai tanah wakaf untuk pembangunan masjid.

"Dan terimakasih juga pada dunsanak yang telah menyumbangkan satu ekor kerbaunya untuk acara peresmian dan pengokohan mesjid ini," ungkapnya.

Pada akhir acara panitia melakukan penggalangan dana dari hadirin untuk kelanjutan pembangunan masjid. Dalam beberapa menit terhimpun uang tunai Rp10.850.000. (W/I/Z)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top