50 Petani Ikuti Temu Teknis Jambu Biji Merah

0

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman (ketiga dari kiri) 

VII Koto, CanangNewsJambu biji merah merupakan buah yang sangat disukai oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, buah ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan karena kandungan gizi dan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Jambu biji merah merupakan salah satu komoditi unggulan Kabupaten Padang Pariaman dengan luas areal 74.25 hektar, hampir separuhnya ditanam di Kecamatan VII Koto yaitu lebih kurang 38.32 hektar dengan produksi 540.42 ton (Statistik Pertanian dan Peternakan Tahun 2016).

Varietas jambu biji merah ini sudah terdaftar di Kementerian Pertanian dengan nama " Piraweh Ampalu ".

Selama ini jambu biji merah yang dihasilkan petani masih dijual dalam keadaan buah segar (mentah), ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman dalam kegiatan Temu Teknis Pelatihan Petani Pelaku Agribisnis yang dilaksanakan di Kantor BPP VII Koto Sungai Sariak, Senin - Selasa 9 - 10 April 2018. 

Menurut dia, temu teknis ini bertujuan meningkatkan pengetahuan petani dalam mengelola jambu biji merah dari hulu sampai hilir sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan nilai tambah dari produk mereka. Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang petani jambu biji yang ada di Kecamatan VII Koto.

Dengan banyaknya jambu biji merah yang diusahakan petani, kata dia, usaha ini memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan perekonomian mereka. Karena itu diperlukan pengelolaan yang baik dari hulu sampai ke hilir (agribisnis). 

Kegiatan agribisnis ini, lanjut Yurisman, bisa diusahakan mulai dari pembibitan jambu biji yang nilai jualnya lebih kurang Rp. 25.000,- per batang dan pengolahan buah menjadi aneka ragam produk olahan yang mempunyai nilai jual tinggi.

Usaha pembibitan ini sudah dirintis oleh Mukhlis (Ketua Kelompok Tani Mutiara) yang mana bibit jambu biji yang dihasilkan sudah disertifikasi oleh  BPSB Provinsi Sumatera Barat.

Teknik pertanaman dan budidaya secara gamblang dipaparkan oleh beberapa orang narasumber, baik dari Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Syafrudin maupun dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Kaltarina, SP yang sekaligus memaparkan hal -hal yang harus dilakukan sehingga kebun bisa teregistrasi.

Petani yang mau meregistrasi kebun ini harus memahami cara budi daya yang baik (GAP), pengendalian hama penyakit, membuat catatan dalam pelaksanaan kegiatan kebunnya mulai dari hulu sampai ke hilir yang sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur).

Registrasi lahan ini juga merupakan satu syarat petani untuk membuat sertifikasi keamanan pangan (sertifikat prima) dalam menghadapi perdagangan bebas di ASEAN persyaratan buah yang diperdagangkan agar dapat bersaing dipasar bebas adalah buah –buahan tersebut harus memiliki sertifikat jaminan mutu (prima).

Dengan tersertifikatnya buah petani akan memperluas akses pasar dan meningkatkan nilai jual. Buah yang sudah tersertifikasi dapat dijual di retail-retail modern seperti supermarket, mini  market dan pasar modern lainnya.

Faktor lain yang sangat penting diperhatikan dalam usaha jambu biji merah adalah proses panen dan pasca panen buah. Kenapa kegiatan ini dikatakan sangat penting, karena di proses inilah terjadinya kehilangan hasil yang sangat besar.

“Hampir 30-35% produk hortikultura akan hilang di proses bila penanganannya tidak tepat. Karena itulah pengetahuan tentang panen dan pasca panen ini sangat diperlukan oleh petani untuk mengurangi kehilangan hasil produk mereka,” ujar Purnama Dini HariSTP MSc selaku narasumber dari Universitas Andalas.

Dia menambahkan, cara lain untuk mengurangi kehilangan hasil adalah dengan melakukan pengolahan terhadap jambu biji tersebut. Selain itu pengolahan diharapkan juga dapat meningkatkan nilai jual dan nilai tambah dari jambu biji ini. Jambu biji dapat diolah menjadi aneka ragam produk olahan seperti, keripik, selai, dodol, sirup, jelli, permen, manisan dan produk olahan lainnya yang memiliki daya simpan yang lebih lama.

Jambu biji merah segar hanya dapat bertahan selama satu sampai dua minggu jika disimpan pada suhu 10'C. Karena itu dengan pengolahan diharapkan dapat meningkatkan daya simpan dan nilai jual dari jambu biji ini. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top