Header Ads

jasa

Satpol PP dan Satlinmas Siap Amankan Pelaksanaan Pilkada 2018.





Pariaman,canangnews ---  Upacara  peringatan 68 Tahun  Satuan Polisi Pamong Paja (Satpol PP),hari jadi 56 tahun Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan  99 Pemadam Kebakaran (Damkar), tingkat Kota Pariaman, diraykan dalam bentuk upacara bertempat di halaman Balaikota Pariaman Kamis (22/3).

Bertindak selaku inspektur upacara pada upacara bendera ini Walikota Pariaman Mukhlis Rahman. Turut Hadir, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Oktobrianto, Kasdim 0308 Pariaman Mayor Marjoni, Forkopimda, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Asisten, Staf Ahli , Kepala OPD, Kabag, Camat, peserta upacara yang terdiri dari TNI, Polri, dan ASN Pemko Pariaman yang hadir.

 Walikota Pariaman Mukhlis Rahman yang membacakan Pidato Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Bahwa peringatan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun 2018 ini menjadi sangat istimewa, karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak di 171 daerah, yang meliputi 17 provinsi dan 154 Kabupaten/Kota.
"Tema hari jadi Satpol PP ke 68 dan hari jadi Satlinmas ke 56 kali ini adalah, Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada Serentak 2018," ujarnya.
Tema ini merujuk pada peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018.

"Momen tahapan Pilkada serentak menjadi sangat penting bagi kita semua, terutama jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam," tutur Mukhlis Rahman.

Faktor penting yang ahrus benar-benar diperhatikan dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dalam mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2018 adalah pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait.

"Perlunya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan KPUD, Bawaslu, TNI dan Polri serta Badan Kesbangpol di daerah, yang didasarkan atas hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki serta kode etik birokrasi," ungkap Mendagri dalam pidatonya yang dibacakan oleh wako pariaman.

Diakhir sambutanya, Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat HUT ke 68 Satpol PP, HUT ke 56 Satlinmas, dan HUT ke 99 Damkar tahun 2018, terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan guna mewujudkan perlindungan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan negara ini, tutupnya.

Sebelum upacara dimulai dibacakan sejarah tentang awal dibentuknya Satpol PP, Satlinmas dan Damkar oleh pembawa upacara. Pelaksana Upacara dari jajaran Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman yang dipimpin oleh Handrizal Fitri. Pada kesempatan ini juga diperlihatkan kemampuan beladiri dari berbagai aliran jajaran Satpol PP & Damkar Kota Pariaman. (J)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.