Header Ads

jasa

Pemko Adakan Diklat Pra Jabatan ASN Dari PTT




Pariamankota,canangnews ---Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) , mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pra Jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II Angkatan I, dari Pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI melalui pengangkatan khusus di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman tahun anggaran 2018, bertempat di Gedung BP Paud dan Dikmas Provinsi Sumatera Barat (eks SKB) Rawang, Rabu (14/3).

Sebanyak 40 orang PTT yang kesemuanya perempuan dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman yang berasal dari Bidan Desa ini, akan mengikuti Diklat Pra Jabatan CPNS Golongan II Angkatan I selama seminggu kedepan, dimulai dari 14 Maret sampai 20 Maret 2018 mendatang.
Walikota Pariaman yang diwakili oleh Asisten III Lanefi mengatakan bahwa sebagai seorang CPNS, kita harus menjalani fungsi sebagai pelayan publik, dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Sejalan dengan upaya membentuk sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, kehadiran Diklat merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan rill aparatur dengan kompetensi jabatan yang dipersyarakatkan", ujarnya.
"Diklat pra jabatan ini kita lakukan dengan pola baru, menggantikan pola lama, dimana pola baru ini lebih mengedepankan sisi kompetensi calon aparatur. Pergantian model diklat ini dimulai bahan ajar, metode pembelajaran dan aspek administrasi", ungkap Lanefi.

"Kota Pariaman telah mengangkat sebanyak 40 orang tenaga honorer dalam hal ini bidan desa sebagai PTT di Dinas Kesehatan di bulan April tahun 2017 lalu, melalui UU yang baru, Diklat dilaksanakan sebelum genap 1 tahun berjalan, dan alhamdulilah bulan Maret 2018 ini, Pemko Pariaman telah menganggarkan mengadakan Diklat pra jabatan ini, untuk itu kami memberikan apresiasi untuk itu", ucapnya.
Selama 7 hari kedepan, peserta akan dilatih dan dididik dalam segala hal yang mendukung tugas sebagai seorang ASN, mulai pembelajaran tentang Akuntabilitas, Nasionalis. Etika publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi.
"Tugas kita sebagai pelayan masyarakat, diharapkan setelah melewati Diklat ini nanti dan diangkat menjadi ASN, saudara dapat meningkatkan pengabdian kepada masyarakat. Jangan sampai setelah menjadi ASN malah menjadi menurun, baik kinerja dan pengabdian, karena hal ini sering terjadi," himbaunya sebelum mengakhiri sambutan.

Kepala BKPSDM Kota Pariaman Irma Darwani menyebutkan total ada sebanyak 57 orang CPNS yang diangkat oleh Pemko Pariaman, 10 orang telah kita kirim ke Provinsi sumatera barat untuk mengikuti diklat dan alhamdulillah kesemuanya lulus, 1 orang mengundurkan diri, 6 orang telah lewat umur dan saat ini sebanyak 40 orang yang mengikuti Diklat ini.

"Tujuan diadakannya Diklat ini adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik," tuturnya.
Kurikulum Diklat pra jabatan ini, terdiri dari 4 (empat) mata Diklat, yaitu : Wawasan kebangsaan, Percepatan Pemberantasan Korupsi, Managemen ASN dan Pola Pikir ASN sebagai Pelayan Masyarakat, ditambah dengan muatan lokal berupa ceramah dan materi yang berhubungan dengan kepentingan daerah.

"Sedangkan Tenaga Pengajar kita datangkan dari Pejabat BPSDM Sumbar, Widyaiswara BPSDM Sumbar, Pejabat dan Widyaiswara Pemerintah Kota Pariaman, dan instruktur mental, fisik  dan disiplin dari Kodim 0308 Pariaman dan Satpol PP Kota Pariaman," tutupnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.