Header Ads

jasa

Koppas Padang Sago Dikunjungi Tim Penilai Tingkat Provinsi Sumbar



Padang Sago, CanangNews - Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Padang Sago dinilai Tim Koperasi Berprestasi tingkat Sumatera Barat, karena Koppas Padang Sago, diusulkan menjadi Koperasi berprestasi untuk tingkat Provinsi Sumbar dan tingkat Nasional, tahun 2018, Rabu (21/3/2018)

Sekretaris Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman Yulidarmen SE mengharapkan kepada Tim Penilai Koperasi Berprestasi tingkat Sumatera Barat untuk dapat memberikan penilaian dengan bukti dan fakta yang ditemukan di lapangan.

Menurut Yulidarmen Koppas Padang Sago, merupakan Koperasi yang sudah punya prestasi di Padang Pariaman, makanya ditunjuk untuk mewakili Padang Pariaman, untuk penilaian Koperasi berprestasi Tingkat Sumbar dan Nasional tahun 2018.

“Kami berharap kepada Tim penilai, agar dapat memberikan nilai terbaik kepada Koppas Padang Sago untuk Tingkat Sumatera Barat dan Nasional,” ujar Yulidarmen didampingi Kabid Koperasi dan UKM Syamsuar Ibrahim, dan Kasi Koperasi Hj Kamsyar Yulis.

Ditambahkan Yulidarmen, Koppas Padang Sago telah melakukan RAT sejak mulai berdiri sebanyak 13 kali dan kesemuanya itu tepat waktu dan belum pernah yang tidak melakukan RAT. Selain itu Koppas Padang Sago, buka setiap hari kerja. Di samping mengelola USP Koppas Padang Sago juga banyak bergerak di bidang perdagangan.

Ketua Tim Penilai Koperasi berprestasi Provinsi Sumatera Barat, Triona Yovicomi SE mengatakan, tujuan dalam rangka memberikan motivasi pada koperasi agar dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatkan anggota dan masyarakat, maka perlu dilakukan penilaian terhadap prestasi yang dicapai Koperasi dalam kurun waktu tertentu.

Dikatakan, nama Koppas Padang Sago ditingkat Sumatera Barat, sudah tidak asing lagi, tetapi belum pernah diusulkan untuk dinilai sebagai Koperasi berprestasi, melihat dari kasat mata Koppas Padang Sago, sudah bisa dikatakan, Koperasi yang memiliki prestasi dalam pengelolaan organisasi lembaga ekonomi masyarakat.

“Muda mudahan saja apa yang kami lihat dengan kasat mata, bisa ditemukan dalam data dan fakta, seperti pembukuan modal tetap dan modal tidak tetap, perkembangan saldo simpanan anggota dan non anggota, perkembangan jumlah orang menyimpan dan menabung, perkembangan penyetoran simpanan wajib anggota dan dukumen lainnya,” ujar Triona.

Tim Penilai Koperasi berpreastasi Provinsi Sumatera Barat, terdiri dari, Triona Yovicomi, SE, Rika Eramida, H. Rusdi Bais, Fauzan dan Erisnel. Pada sisi lain Rusdi Bais berharap kepada pengurus Koppas Padang Sago, untuk selalu mencari peluang usaha yang berkaitan dengan kebutuhan anggota dan masyarakat.

“Pengurus dalam mengelola usaha, jangan cepat puas, karena dengan banyak usaha yang bisa digerakan jelas akan mempunyai untung yang banyak pula,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Koppas Padang Sago, Afrizal, SE dalam eksposnya mengatakan, Koppas Padang Sago mempunyai Visi, sebagai lembaga yang dipercaya dalam mengelola usaha produktif ndan pengembangan potensi ekonomi anggota dan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Sedangkan Misi Koppas Padang Sago, ada jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jangka pendek, memaksimalkan penghimpunan dana anggota dan masyarakat melalui simpanan atau tabungan dalam memenuhi modal kerja untuk meningkatkan usaha anggota dan masyarakat.

Jangka menengah untuk menjaga stabilitas dana anggoota dan masyarakat agar kepercayaannya kepada koperasi semakin meningkat. Meyskinkan anggota dan masyarakat atas penghimpunan dana dan digunakan untuk usaha kperasi yang saling menguntungkan.

Untuk jangka panjang Koppas Padang Sago mempunyai misi sebagai wadah dalam memfasilitasi keinginan masyarakat di perantauan dalam mewujudkan usaha usaha produktif anggota dan masyarakat.

Menurut Afrizal, Koppas Padang Sago, juga mempunyai motto “bersama anggoota membangun koperasi dan bersama koperasi membangun nagari”. Pada tahun 2018 Koppas Padang Sago mempunyai rencana program kerja bidang organisasi, bidang usaha dan bidang permodalan. (ATM / ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.