Header Ads

jasa

Ketua Dekopinda: Koppas Padang Sago Layak Dijadikan Rujukan



Padang Sago, CanangNewsLaporan Pertanggungjawaban (LPj) Pengurus dan Badan Pengawas (BP) Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Padang Sago diterima secara aklamasi oleh anggota dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017.  RAT berlangsung di Aula Kantor Camat Padang Sago, Rabu (7/3/2018).

Sekretaris Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Kabupaten Padang Pariaman, Yulidarmen SE pun memberikan apresiasi kepada Pengurus dan Pengawas Koppas Padang Sago yang telah mampu melaksanakan RAT Tahun Buku 2017 tepat waktu.

Dia menjelaskan, Koppas Padang Sago merupakan koperasi sehat. Buktinya pengurus dan pengawas mampu melaksanakan RAT dalam masa tiga bulan awal setiap tahun. Sejak mulai berdiri sampai kini belum pernah tidak melaksanakan RAT dan selalu tepat waktu.

“Untuk Kabupaten Padang Pariaman,  Koppas Padang Sago, merupakan koperasi maju dan kebanggaan daerah. Oleh karena itu,  masyarakat Padang Sago berkewajiban untuk memajukannya bersama-sama dengan pengurus,” pinta Yulidarmen.

Ungkapan senada juga dikemukakan Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Padang Pariaman Rustam SE MM. Menurutnya, Koppas Padang Sago sudah layak dijadikan rujukan oleh koperasi lain di dalam pengelolaan usaha, termasuk tentang cara pembukuannya.



“Kami dari Dekopinda Padang Pariaman memberikan apresiasi kepada Pengurus dan Pengawas Koppas Padang Sago,” tutur Rustam.

Pengurus dapat diberhentikan di tengah jalan

Sedangkan Camat Padang Sago Zaldi Arnas S.Sos MM menyebutkan, maju atau mundurnya suatu koperasi sangat bergantung kepada kejujuran dan kedisiplinan pengurus dan anggota. Keduanya harus sejalan. Sebab, koperasi itu usaha bersama milik anggota.

“Koperasi itu badan usaha milik anggota, bukan kepunyaan pengurus. Pengurus hanya diberikan amanah untuk mengurus sesuai dengan jangka waktu yang telah dtetapkan. Apabila pengurus tidak bisa menjalankan amanah anggota bisa diberhentikan di tengah jalan,” ulas Zaldi.

Sebelumnya, Ketua Koppas Padang Sago Afrizal, SE dalam laporannya menjelaskan, Koppas Padang Sago, mempunyai aset Rp1.893.531.776 dengan kekayaan bersih Rp. 336.590.378, dapat dipertanggung jawabkan secara administrasi, pembukuan dan keuangannya.

Afrizal menambahkan, anggota Koppas Padang Sago secara keseluruhan berjumlah 427 orang dengan kriteria anggota aktif 138 orang, anggota fasif 8 orang dan anggota tidak aktif 281 orang.

Selama tahun 2017, pengurus mempunyai rencana pendapatan Rp148.603.283, terealisasi Rp107.503.056 (28 %). Jika dibandingkan dengan tahun buku 2016 Rp116.829.461 menurun 9%.



Selain pada unit usaha simpan pinjam (USP), Koppas Padang Sago juga bergerak di bidang perdagangan seperti air minum, minyak goreng dan semen. Kemudian di bidang jasa seperti jasa pembiyaan barang, jasa rekening listrik dan PDAM, jasa tiket pesawat, jasa truk serta jasa titipan kilat. (ATM / ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.