Para Penyair Akan Rayakan 82 Tahun Sastrawan Nasional Rusli Marzuki Saria

0

Panitia Penyelenggara Perayaan 82 Tahun RMS bersama Papa Rusli Marzuki Saria saat rapat final

Padang, CanangNews - Mematangkan persiapan untuk Perayaan 82 Tahun Rusli Marzuki Saria (RMS – red), panitia penyelenggara melakukan rapat final di Rumah Makan Lauk Pukek Tek Baya, Parupuak Tabiang, Padang, Minggu 18/2/2018) siang.

Rapat yang dihadiri oleh Sastri Bakry, Dasril Ahmad, Denni Meilizon, Chairita Chaidir dan Muhammad Fadhli, menetapkan pelaksanaan perayaan akan digelar pada hari Sabtu, 3 Maret 2018 mulai pukul 19.00 WIB di Panggung Terbuka Lantai 5 Gedung Kebudayaan Sumbar (GKS) Zona A, Jalan Pangeran Diponegoro No. 31 - Padang.

"Acara ini adalah milik kita bersama untuk membahagiakan Papa RMS, tokoh yang telah banyak berkarya serta membina para penulis, goodfather bagi para penulis di Sumatra Barat. Semoga perayaan ini jadi momen untuk merawat silaturahmi antara sesama penulis dari berbagai komunitas kepenulisan yang ada di Sumatra Barat," kata Sastri Bakry, ketua Panitia Penyelenggara, saat rapat berlangsung.

Sastri Bakry, penyair yang buku puisinya – Dewanagari – baru saja diterbitkan dan dipasarkan oleh India dalam aksara negara itu menambahkan,, acara yang semula direncanakan digelar di Lapau Nasi Uni Tinum - Parupuak Tabiang, dipindahkan ke GKS setelah mendapat dukungan lokasi dan konsumsi dari Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Taufik Effendi.

“Perayaan ini sengaja digelar malam hari untuk menghindari panas terik matahari. Kalau mau, sampai pagi kita baca puisi,” katanya lagi.

Selain Gubernur Sumbar, panitia penyelenggara juga akan mengundang kehadiran Taufik Ismail dan Fadli Zon. Dan juga Musisi Sumatera Barat, Fris Okta Falma bersama tim keseniannya untuk mengiringi para penyair yang ingin tampil musikalisasi puisi.

Sedangkan Dasril Ahmad menyebutkan, pada perayaan ini juga akan ada peluncuran buku terbaru karya Papa RMS berjudul Parewa Sato Sakaki. Selain itu ada orasi sastra oleh Yulizal Yunus yang juga akan meluncurkan buku terbarunya tentang papa Rusli Marzuki Saria, Sang Pengawal Sastra.  

“Bagi yang ingin memiliki koleksi buku-buku Papa Rusli Marzuki Saria kita juga akan buka bazaar khusus buku-buku karya beliau yang akan dikelola oleh ibu Chairita Chaidir,” kata Kritikus Nasional Bidang Sastra ini.

Sementara itu, Denni Meilizon, penyair yang puisinya baru saja lolos kurasi di penerbitan buku Antologi Puisi Dari Negeri Poci 8 mengatakan, dukungan para penulis dari berbagai komunitas kepenulisan di Sumatera Barat tentu akan membahagiakan Papa Rusli Marzuki Saria pada hari istimewanya.

RMS, sastrawan Nasional Angkatan 66, yang ikut mendampingi rapat mengemukakan beberapa nama penyair untuk dapat hadir membacakan puisinya pada acara ini. Di antaranya Andria C Tamsin, Pinto Janir, Iyut Fitra, Armensyah, Esha Tegar Putra, Mahatma Muhammad, Rifky Satria Jamal, Deni Saputra, Refdinal Muzan, Sofia Trisni, Anggi dan Safira serta para penyair Sumbar lainnya, termasuk yang berada di perantauan.

"Saya ingin monolog saya yang berjudul Multatuli Pacaran dibacakan oleh Yolanda Putri Pratami," kata Rusli Marzuki Saria. (MF / ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top